Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fredric Jameson

Biografi Fredric Jameson
Fredric Jameson
Fredric Jameson lahir 14 April 1934 di Cleveland, Ohio. Ia merupakan salah satu kritikus literatur berhaluan Marxis paling terkemuka. Kini ia menjabat sebagai profesor di Comparative Literature di Duke University (Durham NC, USA), sekaligus mengepalai the Center for Cultural Theory. Sudah puluhan esai dan belasan buku yang ia tulis sejak 1961 sampai sekarang. Karya-karyanya menganalisis teks sastra dan budaya dengan mengambil posisi neo-Marxis. Karya pertamanya yang dipublikasikan berjudul Sartre: The Origins of a Style (1961) merupakan analisis atas teori literatur dan karya penulis terkenal Prancis Jean Paul Sartre.

George Ritzer dalam Postmodern Social Theory, menempatkan Jameson ke dalam pemikir Amerika yang berhaluan postmodern bersama dengan Daniel Bell, kaum feminis (Sandra Harding, Judith Butler, Susan Bordo, dan lain-lain), dan teoretikus multikultural seperti Cornel West. Jameson jelas-jelas mengadopsi posisi Marxis untuk mengembangkan teori budayanya. Namun demikian, ia menolak mengikuti pola dan klaim yang dikembangkan oleh para pengikut Marxis dari Prancis (seperti Lyotard, Baudrillard, dan Foucault) yang percaya bahwa teori Marxis termasuk narasi besar. Sebaliknya, Jameson menggunakan pola berpikir Marxis untuk menjelaskan epos historis yang baru (pascamodernisme), yang baginya bukan modification dari kapitalisme, melainkan ekspansi darinya. Dengan demikian, menjadi jelas bahwa periode historis yang ada sekarang ini bukanlah keterputusan, melainkan kelanjutan (continuity).


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Maksum, Ali. 2016. Pengantar Filsafat; dari Masa Klasik hingga Postmodern”. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.


Download

Baca Juga
1. Posmodern Moderat Fredric Jameson
2. Fredric Jameson. Logika Kultural Kapitalisme Akhir
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Fredric Jameson"