Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aliran Ilmu Kalam. Jabariyah

Aliran Ilmu Kalam Jabariyah
Jabariyah
Paham Jabariyah lahir di Khurasan, Iran pada paruh pertama abad ke-2 H/ ke-8 M, yang dipelopori oleh Ja’ad bin Dirham ( wafat 124 H/ 724 M). Nama Jabariyah berasal dari jabara yang memiliki arti memaksa. Jabariyah memiliki keyakinan bahwa setiap manusia terpaksa oleh takdir tanpa memiliki pilihan dan usaha dalam perbuatannya. Aliran Jabariyah adalah golongan yang menentang golongan Qadariyah.

Menurut Asy-Syahrastani 548 H/1153 M, Jabariyah adalah paham yang menafikan perbuatan dari hamba secara hakikat dan menyerahkan perbuatan tersebut kepada Allah. Artinya, manusia tidak punya andil sama sekali dalam melakukan perbuatannya, Tuhanlah yang menentukan segala-galanya. Keyakinan Jabariyah ini bertolak belakang dengan keyakinan Qadariyah.

Dalam istilah Inggris, paham Jabariyah disebut fatalism atau predestination, yaitu paham yang menyatakan bahwa perbuatan manusia ditentukan sejak semula oleh qada dan qadar Tuhan. Dengan demikian, posisi manusia dalam paham ini tidak memiliki kebebasan dan inisiatif sendiri. Tetapi terikat pada kehendak mutlak Tuhan. Aliran Jabariyah ini menganut paham bahwa manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya.

Paham Jabariyah juga dikembangkan oleh tokoh lainnya, seperti al-Husain bin Muhammad an-Najjar. Paham ini telah terlihat sejak awal periode Islam, yaitu tentang pemahaman terhadap takdir dan qada qadar. Akan tetapi, paham ini dijadikan sebagai pola pikir dan aliran yang dianut, dipelajari, dan dikembangkan, baru terjadi pada masa pemerintahan Bani Umayyah.

Manusia dalam paham Jabariyah adalah sangat lemah, tak berdaya, terikat dengan kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan, tidak mempunyai kehendak dan kemauan bebas sebagaimana dimiliki oleh paham Qadariyah. Seluruh tindakan dan perbuatan manusia tidak boleh lepas dari aturan, skenario, dan kehendak Allah SWT. Segala akibat baik dan buruk yang diterima oleh manusia dalam perjalanan hidupnya adalah merupakan ketentuan Allah SWT. 


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
- Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
- http://ilmubermanfaatkali.blogspot.co.id/2016/05/aliran-jabariyah-dalam-ilmu-tauhid.html


Download

Baca Juga
a. Periodisasi Filsafat Skolastik Islam (Arab)
b. Aliran Ilmu Kalam. Khawarij
c. Aliran Ilmu Kalam. Murjiah
d. Aliran Ilmu Kalam. Qadariyah
e. Aliran Ilmu Kalam. Mu’tazilah

f. Aliran Ilmu Kalam. Ahli Sunnah
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Aliran Ilmu Kalam. Jabariyah"