Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Theodor W. Adorno

Riwayat hidup dan karya-karyanya
Theodor Wiesengrund Adorno (1903-1969) lahir di Frankfurt pada tahun 1903. Ayahnya, Wiesengrund, adalah seorang pedagang anggur, keturunan Yahudi. Ibunya dikenal sebagai seorang penyanyi ternama sebelum ia menikah. Sejak masa kecilnya Theodor diliputi suasana musik dan pada umur masih muda ia belajar komposisi dan main piano. Pada universitas di kota asalnya ia belajar sosiologi, filsafat, dan musik. Ia sudah mengenal Horkheimer sejak mereka bersama ikut seminar Prof. Cornelius tentang Husserl (1922).

Mereka menjadi sahabat untuk seumur hidup dan akan bekerja sama dalam bidang intelektual sebagaimana jarang terdapat dalam sejarah pemikiran. Ia mendapat gelar doktor filsafat atas dasar sebuah disertasi tentang fenomenologi Husserl. Lalu ia berangkat ke Wina untuk memperdalam pengetahuannya tentang musik (pada Eduard Steuerman dan Alban Berg). Sesudah tiga tahun di sana, ia kembali lagi ke Frankfurt dan mempersiapkan Habilitationsschrift tentang Kierkegaard di bawah bimbingan Paul Tillich yang pada waktu itu telah mengganti Cornelius sebagai profesor filsafat. Studi diterbitkan dengan judul Kierkegaard: Konstruktion des Aesthetischen (1933). Ia menulis beberapa artikel untuk Zeitschrift fur Sozialforschung tentang sosiologi musik, tetapi baru tahun 1938 (di Amerika Serikat) ia menjadi anggota Lembaga Penelitian Sosial secara resmi. Dalam tahun 40-an Horkheimer dan Adorno mulai bekerja sama dalam menulis.

Berbeda dengan Horkheimer, Adorno mempunyai kesan bahwa nasional-sosialisme merupakan suatu gejala yang cepat akan lewat dan agak lama ia tinggal di Jerman. Sejak tahun 1934 ia berada di Oxford, Inggris, dan akhirnya beremigrasi juga ke Amerika Serikat, di mana antara lain ia bekerja dalam rangka Princeton Radio Research Project yang dipimpin oleh sosiolog Paul Lazarsfeld, juga seorang emigran dari Jerman. Di sana bersama dengan Horkheimer ia menulis buku Dialektik der Aufklarung (1947) (Dialektika Pencerahan). Karya yang menjadi masyhur dalam kalangan paling luas ialah The Authoritarian Personality (1950), yang ditulis oleh Adorno bekerja sama dengan Else Frenkel-Brunswik, Daniel J. Levinson, dan R. Nevitt Sanford. Studi tentang kepribadian otoriter ini dilatarbelakangi pengalamannya dengan fasisme di Eropa. Sebagai studi tentang psikologi sosial, buku ini mengaitkan dengan cara memuaskan gagasan-gagasan Mazhab Frankfurt dengan metode empiris yang lazim di Amerika Serikat. Seperti sudah kita ketahui, Mazhab Frankfurt memberi perhatian besar kepada masalah otoritarianisme.

Pada tahun 1949 Adorno pulang ke Jerman untuk mendirikan kembali Institut Penelitian Sosial bersama sahabatnya, Horkheimer, dan serentak juga menjadi profesor di Universitas Frankfurt. Jika Horkheimer mencapai umur pensiun pada tahun 1958, Adorno menggantikannya sebagai direktur Institut Penelitian Sosial di Frankfurt, sampai saat kematiannya pada tahun 1969. Adorno adalah pengarang yang produktif sekali dan ia menulis tentang berbagai tema yang sangat berbeda. Selain buku-buku yang sudah tercatat di atas, boleh disebut lagi karya-karya berikut ini, asal diketahui bahwa daftar ini jauh dari lengkap. Philosophie der neuen Musik (1949) (Filsafat tentang musik modern), Minima Moralia (1951), Prismen (1955) (Prisma-prisma), Dissonanzen (1956) (Disonan-disonan), Einleitung zur Metakritik der Erkenntnistheorie (1956) (Pengantar pada metakritik tentang teori pengenalan), Einleitung zur Musiksoziologie (1962) (Pengantar sosiologi musik), Jargon der Eigentlichkeit (1964) (Yargon Otentisitas), Negatif Dialektik (1966) (Dialektika negatif), Aufsatze zur Gesellschaftstheorie und Methodologie (1970) (Karangan-karangan tentang teori sosial dan metodologi), Ueber Walter Benjamin (1970) (Mengenai Walter Benjamin).

Semua tulisan yang pernah diterbitkan oleh Adorno sendiri, dikumpulkan dalam suatu edisi baru Theodor W. Adorno: Gesammelte Schriften, Suhrkamp, Frankfurt am Main, 20 jilid, 1973-1982. Seluruh warisan tulisan Adorno disimpan dalam Arsip Adorno yang bermukim pada perpustakaan Universitas Frankfurt (naskah yang tidak pernah diselesaikan, teks kuliah, ceramah, wawancara, korespondensi, dan sebagainya) dan sedang diseleksi untuk diterbitkan. Di tempat yang sama disimpan juga warisan tertulis Max Horkheimer dan Herbert Marcuse.


Ket. klik warna biru untuk link

Baca Juga

1. Mazhab Frankfurt. Theodor Wiesengrund Adorno (1903-1969)
2. Dialektika Pencerahan (Dialektika der Aufklarung)
3. Mazhab Frankfurt

Sumber
Bertens. K. 2002. Filsafat Barat Kontemporer; Inggris-Jerman. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Theodor W. Adorno"