Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simone de Beauvoir

Simone de Beauvoir (1908-1986) dilahirkan di Paris. Ayahnya adalah seorang pengacara. Ia belajar filsafat di Univeritas Sorbonne dan ketika masih mahasiswi ia bertemu dengan Sartre. Tahun 1929 ia memperoleh agregation de philosophie sebagai nomor dua, sesudah Sartre. Ia menjadi teman akrab dengan Sartre, sampai akhir hidupnya. Setelah mengajar di beberapa Lycees, pada tahun 1943 ia meninggalkan segala tugas mengajar dan mulai hidup dari penanya. Seperti sartre, Beauvoir juga menulis novel serta drama di samping karya-karya filosofis. Ia menulis juga otobiografinya dalam tiga jilid tebal, yang menyajikan banyak informasi tentang Sartre dan gerakan eksistensialisme.

Sebagai filsuf, pemikirannya kurang orisinal dan terutama ia memberi suara kepada pikiran-pikiran Sartre. Pour une morale de I’ambiguite (1947) (Demi suatu moral yang ditandai ambiguitas) oleh beberapa komentator dianggap sebagai sejenis juru bicara bagi pemikiran Sartre di bidang etika.

Tahun 1949 ia menerbitkan suatu studi besar tentang peranan dan kedudukan wanita: Les deuxieme sexe (Jenis kelamin yang kedua). Karya yang mengumpulkan banyak bahan sejarah dan kesusastraan ini masih dekat dengan kategori-kategori eksistensialistis dari Sartre. Kemudian ia menerbitkan studi besar lain lagi berjudul La vieillesse (Hari Tua) (1970) yang melukiskan eksistensi manusia yang menjadi tua. Setelah Sartre meninggal, ia menulis buku La ceremonie des adieux (1981) (Upacara pamitan) di mana secara terperinci dilukiskannya proses kemerosotan fisik dan kematian teman hidupnya.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Bertens. K. 2001. Filsafat Barat Kontemporer; Prancis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Simone de Beauvoir"