Jean-Yves Calvez

Biografi Jean-Yves Calvez
Jean-Yves Calvez
Dalam sebuah buku tebal La pense de Karl Marx (1956) (Pemikiran Karl Marx) Jean-Yves Calvez (1927-) memberi suatu sintesa besar tentang pemikiran filosofis Karl Marx. Ia mengakui adanya perkembangan organis antara karangan-karangan Marx muda (khususnya Naskah-naskah dari tahun 1844) dan karangan-karangan Marx di kemudian hari. Selain dari suatu uraian teliti dan sedapat mungkin objektif tentang filsafat Karl Marx, ia mengemukakan juga kritiknya. Terutama dua ajaran Marx terkena kecamannya. Di satu pihak ia menolak pandangan Marx bahwa semua macam alienasi lain berasal dari alienasi ekonomis.

Menurut Calvez di sini tampak suatu reduksi yang tidak wajar, yaitu semua bentuk alienasi direduksikan kepada alienasi ekonomis; tetapi analisa Marx tentang alienasi ekonomis sendiri bagi Calvez sebagian besar dapat disetujui. Di lain pihak Calvez tidak dapat menerima juga pendirian Marx bahwa dengan dihapusnya alienasi dalam masyarakat tanpa kelas (masyarakat komunistis) sejarah sudah mencapai titik penghabisannya. Pendirian ini bagi Calvez terlanjur optimistis. Tidak ada jaminan apa pun bahwa kaum proletar setelah merebut kekuasaan tidak akan mengakibatkan alienasi lain lagi. Masyarakat komunistis juga akan mengenal pergumulan-pergumulan politik dan sosial, seperti sudah terbukti dalam sejarah Uni Soviet sejak revolusi tahun 1917. Calvez malah melihat adanya perkaitan antara ajaran tentang berakhirnya sejarah ini dan bentuk politik totaliter seperti terdapat di Uni Soviet.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Bertens. K. 2001. Filsafat Barat Kontemporer; Prancis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Jean-Yves Calvez"