Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaston Bachelard

Biografi Gaston Bachelard
Gaston Bachelard
Riwayat hidup dan karya
Gaston Bachelard (1884-1962) lahir di Bar-sur-Aube di daerah Champagne. Ia berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya mengurus suatu toko kecil, sedangkan kakeknya adalah seorang tukang sepatu. Setelah tamat dari College (sekolah menengah) di kota asalnya, ia bekerja sebagai pegawai kantor pos (1903-1913), mula-mula di Remiremont dan setelah memenuhi wajib militer pada kantor pos di salah satu stasiun kereta api besar di Paris. Sementara itu ia belajar untuk menjadi insinyur dan serentak juga mempersiapkan licence di bidang matematika, yang diperoleh tahun 1913. Waktu Perang Dunia I (1914-1918) ia dipanggil masuk tentara dan mendapat beberapa tanda kehormatan karena keberaniannya yang menonjol. Sesudah perang selesai ia tidak melanjutkan studi insinyur tetapi menjadi guru ilmu alam pada College di Bar-sur-Aube (1919-1930). Ia merasa senang mengajar di situ dan pengaruh periode ini terlihat lagi di kemudian hari, karena dalam karangan-karangannya ia akan sering menyinggung masalah-masalah pendidikan, khususnya cara mengajar ilmu-ilmu eksakta.

Pada waktu yang sama—artinya ketika sudah berumur 35 tahun—Bachelard mulai menempuh studi filsafat di Dijon dan memperoleh licence serta agregation filsafat (1922). Sesudah itu ia memegang juga mata pelajaran filsafat di College di Bar-sur-Aube. Tahun 1927 ia meraih gelar docteur es lettres di Universitas Sorbonne di Paris. Sebagai tesis utama (these principale) ia mengajukan Essai sur la connaissance approchee (1928) (Percobaan untuk melukiskan pengetahuan yang semakin dekat dengan tujuannya) dan sebagai tesis tambahan (these complementaire. Etude sur I’evolution d’un probleme de physique: la propagation thermique dans les solides) (1928) (Studi mengenai perkembangan. Suatu problem dalam fisika: penyebaran panas dalam benda-benda padat). Tahun 1930 ia diangkat sebagai profesor di Fakultas Sastra di Dijon dan tahun 1940—pada umur 56 tahun—ia dipanggil ke Paris sebagai profesor sejarah dan filsafat ilmu pengetahuan di Universitas Sorbonne, di mana ia mengajar sampai pensiunnya tahun 1954.

Biarpun ia agak lambat memasuki arena ilmiah, jumlah buku yang berasal dari penanya banyak sekali. Produksi buku yang berlimpah-limpah itu menunjukkan suatu erudisi dan semangat kerja yang luar biasa besar. Bachelard menulis tentang dua macam bidang yang—kalau dipandang sepintas lalu—sukar untuk dikaitkan satu sama lain, yaitu sejarah serta filsafat ilmu pengetahuan dan imajinasi puitis. Beberapa karya yang menyangkut filsafat ilmu pengetahuan: Le nouvel esprit scientifique (1934) (Suasana ilmiah yang baru); La formation de I’esprit scientifique (1938) (Pembentukan suasana ilmiah); La philosophie du non (1940) (Filsafat tentang tidak); La rationalisme applique (1949) (Rasionalisme yang diterapkan); La materialisme rationnel (1953) (Materialisme rasional).

Buku-buku Bachelard membahas tema-tema yang kadang-kadang amat sulit dengan bahasa yang jernih dan bermutu. Aspek karyanya itu pada tahun 1961 dihargai dengan dianugerahkannya Le grand prix national des lettres (Hadiah nasional untuk sastra). Ia meninggal pada tanggal 16 Oktober 1962, pada usia 78 tahun. Juga anaknya yang tunggal, Suzanne, telah menjadi seorang filsuf terkenal di Prancis.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Bertens. K. 2001. Filsafat Barat Kontemporer; Prancis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Gaston Bachelard. Poetika
2. Pemikiran Filosofis Gaston Bachelard
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Gaston Bachelard"