Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Franz Rosenzweig

Riwayat hidup dan karya-karyanya
Franz Rosenzweig dilahirkan pada tahun 1886 di kota Kassel di daerah Hessen dari orang tua Yahudi yang liberal. Dengan liberal dimaksudkan bahwa mereka tidak begitu ketat berpegang pada adat istiadat dan peraturan-peraturan Yahudi, seperti misalnya Sabat sebagai hari istirahat. Atas anjuran ayahnya ia belajar ilmu kedokteran di Gottingen, Munchen, dan Freiburg. Tetapi karena merasa lebih tertarik, sesudah beberapa tahun ia mengubah haluan dengan mempelajari sejarah modern dan filsafat di Berlin dan Freiburg.

Pada tahun 1912 ia memperoleh gelar doktor filsafat dengan suatu disertasi berjudul Hegel und der Staat (Hegel dan negara), yang kemudian diperluas dan pada tahun 1920 diterbitkan dalam dua jilid. Sesudah promosi di bidang filsafat, ia mulai belajar hukum. Waktu pesta Yahudi Yom Kipur pada tahun 1913—masih sebagai mahasiswa—ia mengalami semacam pertobatan, yang mengakibatkan ia menjadi penganut agama Yahudi dengan sungguh-sungguh. Sesudah itu ia belajar di Berlin pada Herman Cohen, tokoh neokantianisme dan filsuf Yahudi yang terkemuka. 


Ia ikut dalam Perang Dunia I sebagai prajurit tentara Jerman di kawasan Balkan. Di medan pertempuran ia mulai menulis karya filosofisnya yang besar Stern der Erlosung (Bintang penebusan), yang diterbitkan pada tahun 1921. Pada tahun sebelumnya ia mendirikan di Frankfurt Das freie Judische Lehrhaus (Perguruan Yahudi yang bebas) dan menjadi direktur pertama. Tujuan perguruan ini adalah membina orang dewasa dalam agama dan kebudayaan Yahudi. Juga Martin Buber menjadi dosen di sana.

Sejak tahun 1921 ia mengidap penyakit yang lama kelamaan melumpuhkan seluruh tubuhnya. Ketika ia sudah tidak dapat berjalan ataupun berbicara, Martin Buber meminta kerelaannya untuk bekerja sama dengan dia dalam menerjemahkan Alkitab Yahudi dengan cara baru ke dalam bahasa Jerman. Franz Rosenzweig masih sempat memberikan andilnya sampai dengan terjemahan kitab Yesaya. Pada tahun 1929 ia meninggal di Frankfurt pada umur hampir 43 tahun.

Suatu edisi baru yang meliputi semua karangan Franz Rosenzweig (termasuk buku harian dan surat-surat) diterbitkan oleh M. Nijhoff, Den Haag, Nederland: Franz Rosenzweig. Der Mensch und sein Werk. Gesammelte Schriften, 1976 dan seterusnya, 10 jilid.


Ket. klik warna biru untuk link

Baca Juga
Franz Rosenzweig. Pemikiran Filsafat


Sumber
Bertens. K. 2002. Filsafat Barat Kontemporer; Inggris-Jerman. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Franz Rosenzweig"