Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Francis Jeanson

Biografi Francis Jeanson
Francis Jeanson
Francis Jeanson (1922- ) terutama dikenal sebagai pengikut Sartre pada zaman keemasan eksistensialisme. Ia menulis beberapa buku tentang Sartre. Yang paling penting adalah Le probleme moral et la pense de Sartre (1948) (Problem moral dan pemikiran Sartre) yang masih dianggap sebagai salah satu pengantar paling baik ke dalam pemikiran Ada dan Ketiadaan. Sartre sendiri telah memberi sebuah kata pendahuluan penuh pujian.

Pada edisi tahun 1965 Jeanson menambah postscriptum berjudul Seorang bernama Sartre yang menyajikan semacam psikoanalisa eksistensial tentang Sartre dengan menggunakan metodenya sendiri. Waktu perang Aljazair Jeanson menarik perhatian internasional ketika ia diadili karena bantuannya kepada gerakan pembebasan Aljazair. Kemudian ia menulis juga sebuah buku tentang Simone de Beauvoir: Simone de Beauvoir on I’enterprise de vivre (1966) (Simone de Beauvoir atau usaha untuk hidup).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Bertens. K. 2001. Filsafat Barat Kontemporer; Prancis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Francis Jeanson"