Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bertrand Russell

Biografi Bertrand Russell
Bertrand Russell
Riwayat Hidup
Bertrand Russell (1872-1970) lahir dari keluarga bangsawan. Pada umur 2 dan 4 tahun berturut-turut ia kehilangan ibu dan ayahnya. Ia dibesarkan di rumah orang tua ayahnya. Di Cambridge ia belajar ilmu pasti dan filsafat, antara lain pada A. Whitehead. Selama hidupnya yang amat panjang, ia menulis banyak sekali (71 buku dan brosur) tentang berbagai pokok, antara lain filsafat, masalah-masalah moral, pendidikan, sejarah, agama, dan politik. Pada tahun 1950 ia memperoleh hadiah Nobel bidang sastra. Namanya menjadi termasyhur di seluruh dunia terutama karena pendapat-pendapatnya yang nonkonformistis tentang moral dan politik. Dari sudut ilmiah jasanya yang terbesar terdapat di bidang logika matematis.

Antara tahun 1911 dan 1915 Russell mengajar di Cambridge. Pada tahun 1916 ia diberhentikan sebagai dosen sesudah ia dihukum dalam suatu perkara pengadilan karena ia menolak wajib militer. Kemudian ia sampai dipenjarakan selama beberapa bulan, karena mempropagandakan pasifisme (1918). Tetapi pasifisme ini tidak dianutnya tanpa syarat; waktu Perang Dunia II ia berpendapat bahwa kejahatan-kejahatan nasional-sosialisme merupakan alasan cukup kuat untuk mengadakan perlawanan bersenjata. Sesudah keluar dari Universitas Cambridge ia tidak lagi menunaikan jabatan tetap di universitas. Tetapi sebagai dosen tamu, acap kali ia memberi kuliah atau ceramah, khususnya di Amerika Serikat. 


Gagasan-gagasan di bidang pendidikan dicoba diwujudkan oleh Russell dan istrinya Dora dalam sebuah sekolah yang disusun menurut prinsip-prinsip progresif. Dalam tahun 1950-an ia memimpin aksi-aksi melawan persenjataan nuklir. Ia juga menulis beberapa buku tentang permasalahan itu. Pada akhir hidupnya ia menerbitkan sebuah buku tentang kejahatan-kejahatan perang yang menurut dia dilakukan oleh tentara Amerika di Vietnam. Dan ia mendirikan Pengadilan Internasional untuk mengadili kejahatan-kejahatan perang yang menuduh Presiden Johnson; salah satu anggota yang terkemuka adalah filsuf Prancis Jean-Paul Sartre. Ia juga menulis otobiografinya: Autobiography, London, 3 jilid, 1967, 1968, 1969. Tahun 1970 ia meninggal dunia dalam usia 98 tahun.

Pada tahun 1968 Bertrand Russell sendiri sudah menghadiahkan sebagian catatan pribadi dan naskah yang tidak selesai kepada Universitas McMaster, Hamilton, Ontario, Kanada. Sesudah meninggalnya, semua tulisan lain diwariskannya kepada universitas yang sama. Mereka membuat katalog lengkap tentang warisan tertulis ini dan menerbitkan sebagian bahannya dalam The Collected Papers of Bertrand Russell (1983-1995), 14 jilid, dengan ditambah Bibliography (1994), 3 jilid.


Ket. klik warna biru untuk link


Bertrand Russell. Pemikiran Filosofis

Sumber
Bertens. K. 2002. Filsafat Barat Kontemporer; Inggris-Jerman. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bertrand Russell"