Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alphonse de Waelhens

Biografi Alphonse de Waelhens
Alphonse de Waelhens
Alphonse de Waelhens (1911-1981) profesor di Universitas Leuven, Belgia, ini adalah seorang komentator ternama mengenai fenomenologi. Ia menulis suatu buku terkenal tentang filsafat Heidegger dan dengan demikian memperkenalkan filsuf Jerman itu kepada dunia berbahasa Prancis: La philosophie de Martin Heidegger (1942) (filsafat Martin Heidegger). Ia juga menerjemahkan beberapa karya Heidegger dalam bahasa Prancis, antara lain Ada dan Waktu, tetapi yang terselesaikan hanya separuh dari buku Heidegger itu.

Tahun 1951 ia diundang memberikan serangkaian kuliah tamu pada Universitas Sorbonne di Paris. Kuliah-kuliah ini kemudian diterbitkan sebagai buku berjudul Phenomenologie et verite. Essai sur I’evolution de I’idee de verite chez Husserl et Heidegger (1953) (Fenomenologi dan kebenaran. Esai tentang perkembangan pengertian Kebenaran pada Husserl dan Heidegger). Tahun 1951 pula ia menerbitkan sebuah studi tentang pemikiran Merleau-Ponty: Une philosophie de I’ambiguite. L’existentialisme de Maurice Merleau-Ponty (Suatu filsafat yang bertemakan ambiguitas. Eksistensialisme Maurice Merleau-Ponty). Ini merupakan usaha pertama yang pernah dilakukan untuk mengadakan sintesa tentang pemikiran fenomenolog Prancis itu.

De Waelhens bersahabat dengan Merleau-Ponty sejak ia mengikuti kuliah di Paris tahun 1938. Pada tahun 1949 ia diundang oleh Merleau-Ponty untuk menulis kata pengantar pada edisi kedua bukunya Struktur Tingkah Laku. Sebuah buku berjudul Existence et signification (1958) (Eksistensi dan makna) mengumpulkan artikel-artikel yang pernah dipublikasikan dalam majalah-majalah, kebanyakan tema-tema fenomenologis.

Tetapi De Waelhens bukan saja sejarawan dan komentator tentang fenomenologis. Ia sendiri juga mempraktekkan pemikiran-pemikiran fenomenologis secara kreatif dalam buku La philosophie et les experiences naturalles (1961) (Filsafat dan pengalaman natural). Buku ini dipersembahkan kepada almarhum Merleau-Ponty, yang masih sempat membaca naskahnya. Kira-kira sejak tahun 1960 ia mulai mendalami psikoanalisa dan psikiatri, tidak hanya secara teoretis, tetapi juga dalam kontak langsung dengan pasien-pasien psikiatris. Ia menulis banyak artikel tentang tema-tema psikoanalitis. Tahun 1971 terbit bukunya La psychose. Essai d’interpretation analytique et existentiale (Psikosa. Usaha untuk mengadakan suatu interpretasi analitis dan eksistensial). Pada akhir hidupnya terbit lagi Le Duc de Saint Simon, suatu interpretasi psikoanalitis tentang tokoh terkenal dan cukup unik dari akhir abad ke-18, Claude Henri de Saint Simon (1760-1825).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Bertens. K. 2001. Filsafat Barat Kontemporer; Prancis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Alphonse de Waelhens"