Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sir Muhammad Iqbal

Biografi Sir Muhammad Iqbal
Sir Muhammad Iqbal
Tokoh Besar Pakistan dan Intelektual
Sir Muhammad Iqbal ialah tokoh besar yang sangat berjasa bagi keberadaan negara Pakistan. Mereka menghormati Iqbal bukan hanya sebagai pemikir politik dan penggagas negara Pakistan, tetapi juga sebagai intelektual. Untuk mengabadikan dan menghormati jasa-jasanya, pemerintah Pakistan mendirikan Iqbal Academy sebagai lembaga pengkajian pemikirannya. Sebuah jurnal ilmiah yang diberi nama Iqbal Review juga menunjukkan betapa ia memiliki tempat istimewa di hati para ilmuwan Pakistan.

Kendatipun tidak sempat menyaksikan berdirinya negara Pakistan karena lebih dulu wafat, Iqbal merupakan tokoh penting di balik lahirnya negara Pakistan. Lewat organisasi yang dipimpinnya, Liga Muslim India, Iqbal berjuang agar kaum Muslim memiliki negara sendiri yang merdeka dari India. Pada tahun 15 Agustus 1947 atau hampir 10 tahun setelah kematiannya, Pakistan secara resmi memisahkan diri dari India.

Cita-cita Iqbal ini kemudian diteruskan oleh Muhammad Ali Jinnah. Iqbal meninggalkan beberapa karya penting di bidang filsafat dan sastra. Selain disertasi doktoralnya yang telah terbit menjadi buku, kumpulan ceramahnya juga dianggap sebuah maha karya. Buku ini merupakan hasil renungan filosofisnya tentang manusia. 


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Glaxo, Iwan Gayo. Encylopedia Islam Internasional. Pustaka Warga Negara. Jakarta
 

Download

Baca Juga
1. Muhammad Iqbal. Karya Filsafat
2. Muhammad Iqbal. Pemikiran Filsafat
3. Muhammad Iqbal. Teori Gerak
4. Muhammad Iqbal. Teori Kedinamisan Islam
5. Muhammad Iqbal. Filsafat Khudi
6. Muhammad Iqbal. Filsafat Ketuhanan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sir Muhammad Iqbal"