Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Teori Sosiologis Akhir Abad Dua Puluh. Sintesis Teoretis

Sintesis Teoretis Perkembangan Teori Sosiologis Akhir Abad Dua Puluh
Teori Sosiologi
Gerakan-gerakan menuju integrasi mikro-makro dan agensi-struktural mulai pada 1980-an, dan tetap kuat pada 1990-an. Mereka membangun panggung untuk gerakan yang lebih luas menuju sintesis-sintesis teoretis yang mulai sekitar awal 1990-an. Reba Lewis (1991) telah menyarankan bahwa masalah sosiologi (seandainya ia mempunyai masalah) mungkin adalah hasil fragmentasi berlebihan dan bahwa gerakan menuju integrasi yang lebih besar dapat meningkatkan status sosiologi. 

Tercakup dalam hal itu adalah usaha untuk menyintesiskan dua atau lebih teori yang berbeda (misalnya, fungsionalisme struktural dan interaksionisme simbolik) yang besar pengaruhnya. Usaha-usaha tersebut telah terjadi di sepanjang sejarah teori sosiologis (Holmwood dan Steward, 1994). Akan tetap, ada dua aspek yang khas dari karya sintesis masa kini di dalam teori sosiologis. Pertama, karya sintesis sangat tersebar luas dan tidak terbatas pada usaha-usaha sintesis yang terpencil. Kedua, pada umumnya tujuannya ialah sintesis ide-ide teoretis yang agak sempit, bukan pengembangan suatu teori sintetik yang besar yang mencakup semua teori sosiologis. Karya-karya sintetik itu terjadi di dalam dan di kalangan banyak teori yang didiskusikan sebelumnya.

Kemudian ada usaha-usaha untuk memasukkan perspektif-perspektif dari luar sosiologi ke dalam teori sosiologi. Sudah ada karya-karya yang berorientasi memasukkan ide-ide biologis ke dalam sosiologi dalam upaya untuk menciptakan sosiobiologi (Crippen, 1994; Maryansky dan Turner, 1992). Teori pilihan rasional didasarkan pada ekonomi, tetapi ia melakukan serangan memasuki sejumlah bidang, termasuk sosiologi (Coleman, 1990b; Heckathon, 2005). Teori sistem berakar pada ilmu-ilmu eksakta, tetapi pada akhir abad kedua puluh Niklas Luhmann (1984/1995) berupaya keras untuk mengembangkan suatu teori sistem yang dapat diterapkan kepada dunia sosial.


Ket. klik warna biru untuk link

Biografi, Pemikiran, dan Karya Tokoh Terkait
Niklas Luhmann
 

Baca Juga
1. Perkembangan Teori Sosiologis Akhir Abad Dua Puluh. Integrasi Mikro-Makro
2. Perkembangan Teori Sosiologis Akhir Abad Dua Puluh. Integrasi Agensi-Struktur


Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Perkembangan Teori Sosiologis Akhir Abad Dua Puluh. Sintesis Teoretis"