Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muhammad Ali Jinnah

Biografi Muhammad Ali Jinnah
Muhammad Ali Jinnah
Presiden Liga Muslim India
Muhammad Ali Jinnah (1876-1948) adalah seorang pahlawan Islam India yang berjuang dengan usaha tak kenal lelah. Gigih dan gagah berani menyatukan umat Islam India di bawah bendera Liga Muslim. Ikut membidani lahirnya negara Pakistan terpisah dari India pada tahun 1947. Muhammad Ali Jinnah lahir di Karachi pada tanggal 25 Desember 1876. Ayahnya Jinnah Poonja adalah seorang pebisnis sejahtera. Muhammad Ali menerima pendidikan pertama di Madrasah Sind dan kemudian di sekolah Misi, Karachi. Dia pergi ke Inggris untuk melanjutkan pendidikannya pada tahun 1892 ketika usianya 16 tahun. Pada tahun 1896, Jinnah memenuhi syarat sebagai hakim dan dipanggil menjadi pengacara pada 1897.

Muhammad Ali Jinnah memulai karier politiknya pada tahun 1906, ketika ia menghadiri sidang Calcuta dari Kongres Nasional seluruh India dengan kapasitas sebagai sekretaris pribadi Presiden dalam kongres. Muhammad Ali Jinnah adalah seorang pemimpin Muslim di India sejak 1916, ia berjuang berdampingan dengan pemimpin agama Hindu Mahatma Gandhi dan Pandit Nehru melawan pemerintahan Inggris di India. Tetapi pada tahun 1940 ia menyerukan pembagian negara itu menjadi Negara Hindu dan Negara Muslim, yang setelah perang saudara berdarah muncul menjadi dua negara yaitu India dan Pakistan. Ali Jinnah wafat di Karachi 11 September 1948.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Glaxo, Iwan Gayo. Encylopedia Islam Internasional. Pustaka Warga Negara. Jakarta


Download
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Muhammad Ali Jinnah"