Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamaluddin al-Afghani

Penggerak Pembaharuan Islam Afganistan
Sayyid Jamaluddin al-Afghani adalah seorang pahlawan besar dan satu dari putra terbaik Islam. Sepak terjangnya dalam menggerakkan kesadaran umat Islam dan gerakan revolusionernya, membangkitkan dunia Islam, menjadikan dirinya orang yang paling dicari oleh pemerintah kolonial ketika itu, Inggris.

Bagaimana kebesaran dan kekaguman terhadap penggerak kebangkitan dunia Islam dan salah seorang pembaru Islam paling banyak dirujuk berbagai kalangan ini, terlihat dari pengakuan sastrawan dan pemikir besar muslim abad 20, Sir Muhammad Iqbal. Ia cahaya besar dalam kegelapan Islam abad ke-13 Hijriah. Dari Afganistan, negara yang kini dicabik-cabik kepentingan Barat, sinarnya memancar ke seantero dunia.

Jamaluddin dilahirkan di Asabadad dekat Hamadan, Iran. Tapi ia mengaku lahir di Afganistan menyelamatkan dirinya dari kesewenangan penguasa Persia (Iran) yang tidak menyukainya. Al-Afghani menghabiskan masa kecil dan remajanya di Afganistan, namun banyak berjuang di Mesir, India, bahkan sampai ke Prancis. Pada usia 18 tahun di Kabul, Jamaluddin tidak hanya menguasai ilmu keagamaan, tetapi juga mendalami falsafah, hukum, sejarah, metafisika, kedokteran, sains, astronomi, dan astrologi. Aktivitas politik Jamaluddin memberikan pengaruh besar bagi umat Islam. Ia mendorong bangkitnya gerakan berpikir, sehingga Mesir mencapai kemajuan. Jamaluddin wafat di Istanbul 9 Maret 1897.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Glaxo, Iwan Gayo. Encylopedia Islam Internasional. Pustaka Warga Negara. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Jamaluddin al-Afghani"