Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Robert K. Merton. Anomie Theory (Teori Anomi)

Konsep teori anomie yang dikemukakan oleh Robert K. Merton yaitu teori ketegangan, menurutnya kejahatan muncul apabila individu tidak dapat mencapai tujuannya melalui saluran-saluran legal. Individu menjadi frustrasi dan mencoba mencapai tujuan melalui saluran-saluran yang ilegal atau menarik diri dari pergaulan sosial karena kemarahannya (Agnew, 1991:273).

Menurut Merton, kesuksesan negara selalu diukur dari kemampuan masyarakat dalam mencapai penghidupan dan kepemilikan material karena negara telah memberikan kesempatan dan perlakuan secara adil dan merata pada seluruh warga negara sehingga masyarakat dapat memiliki kehidupan yang layak, seperti rumah yang nyaman, memiliki stratifikasi sosial yang tinggi. Kenyataannya tidak semua anggota masyarakat mencapai harapan negara sehingga terjadinya keputusasaan dan anomie.

Kelompok anomie akan menolak nilai-nilai tradisional melalui saluran-saluran ilegal karena mereka tidak dapat menggunakan cara-cara legal sehingga terjadi kejahatan. Hal itu terjadi karena mereka tidak memperoleh sarana dan kesempatan untuk mencapai tujuan budaya menurut kelas dan kedudukan sosial. Ketidakmerataan penyebaran sarana dan kesempatan belum dapat dikatakan cukup untuk munculnya keadaan frustrasi.

Keadaan frustrasi akan timbul jika seseorang tidak memperoleh sarana dan kesempatan dalam mencapai tujuan budaya terutama pada kelompok masyarakat yang mencanangkan kesempatan yang sama bagi semua warga untuk mencapai tujuan budaya. Kebudayaan dari masyarakat menekankan pada tujuan yang bersifat material. Biasanya dalam suatu masyarakat mengharapkan semua anggotanya patuh kepada struktur kelas dan di setiap kelas mempunyai aspirasi sendiri yang sesuai dengan budaya mereka sehingga frustrasi tidak mungkin terjadi.

Menurut Merton, ketidakselarasan yang mencolok dapat mengakibatkan frustrasi di kalangan masyarakat tertentu dan akibatnya ikatan yang kuat di antara kelompok menjadi terlepas terutama pada tujuan budaya dan cara-cara yang telah melembaga di dalam kebudayaan tersebut. Keadaan demikian dinamakan anomie, karena anggota masyarakat akan menyelesaikan masalah mereka dengan cara-cara yang menyimpang dari norma-norma yang telah berlaku selama ini.

Di dalam teori anomie yang dikemukakan oleh Robert K. Merton terdapat lima macam cara adaptasi yaitu:
1) Konformitas, yaitu keadaan di mana individu atau warga masyarakat menerima tujuan-tujuan kebudayaan dari suatu masyarakat dan cara-cara yang telah melembaga dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
2) Inovasi, yaitu keadaan di mana individu atau anggota masyarakat menerima tujuan kebudayaan masyarakat tetapi di dalam hal untuk mencapai tujuannya mereka tidak menggunakan cara-cara sebagaimana yang telah melembaga tetapi menggunakan cara-cara lain yang tidak legal.
3) Ritualisme, yaitu keadaan di mana individu atau anggota masyarakat menolak tujuan kebudayaan masyarakat, tetapi tetap mempertahankan cara-cara yang telah melembaga dan diterima oleh seluruh masyarakat untuk mencapai tujuan lain yang berbeda dengan apa yang telah ditetapkan oleh masyarakat.
4) Penarikan diri/retreatism, yaitu suatu keadaan di mana individu atau anggota masyarakat menolak baik tujuan kebudayaan masyarakat maupun cara-cara yang telah melembaga dan tersedia di dalam masyarakat.
5) Pemberontakan/rebellion, yaitu suatu keadaan di mana individu atau anggota masyarakat menolak baik tujuan kebudayaan masyarakat maupun cara-cara yang telah melembaga dan tersedia di dalam masyarakat bahkan bermaksud untuk mengubahnya.

A Typology of modes of Individual Adaptation by Robert K. Merton

Bentuk-bentuk adaptasi atau penyesuaian yang terdapat pada kotak nomor 2, 3, 4, dan 5 merupakan bentuk penyesuaian diri yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Untuk lebih lengkapnya tentang biografi Robert K. Merton dan teori-teorinya Klik di Sini


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Dari berbagai sumber


Download

Lihat Juga
Teori Anomi (Anomie Theory) Robert K Merton (Youtube Channel. https://youtu.be/JEcWEGWxmLc ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Robert K. Merton. Biografi, Pemikiran, dan Karya
2. Robert K. Merton. Fungsionalisme Struktural
3. Robert K. Merton. Paradigma Analisa Fungsional
4. Robert K. Merton. Anomie Theory (Teori Anomi)
5. Fungsionalisme Struktural
6. Teori-Teori Perilaku Menyimpang
7. Membership Group dan Reference Group
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Robert K. Merton. Anomie Theory (Teori Anomi)"