Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edwin M. Lemert. Labelling Theory (Teori Label)

Pemberian label dilakukan oleh orang lain terhadap perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Oleh karena itu, teori labeling berkonsentrasi pada aspek psikologi sosial, yaitu suatu kondisi yang memberikan label penyimpangan pada individu maupun kelompok. Dalam teori label menggunakan pendekatan interaksionis, artinya label diberikan kepada individu maupun kelompok sebagai hasil interaksi dengan individu maupun kelompok lainnya, atau antara penyimpang dengan masyarakat.

Teori label dikemukakan oleh banyak tokoh di antaranya Lemert (1951), Mead (lihat Blumer 1969:52), Tennambaum (1938), dan Schutz (1967). Di dalam tulisan ini akan diuraikan teori label yang dikemukakan oleh Lemert. Teori label lebih menekankan pada definisi sosial dan sanksi sosial yang mendorong seseorang untuk melakukan penyimpangan.

Fokus perhatian teori label bukan pada individu dan perilakunya tetapi pada keterlibatan individu di dalam pendefinisian yang diberikan orang lain terhadap tindakan sosialnya sebagai penyimpang. Proses perkembangan terhadap label sampai terjadinya penyimpangan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap inisiasi, penerimaan, komitmen sampai menjadi terpenjara dalam suatu peran menyimpang. Proses penyimpangan tersebut sesuai dengan yang dikemukakan oleh Traub dan Little pada tahun 1985. Analisa proses penyimpangan ini dipusatkan pada reaksi orang lain yang memberikan definisi atau pemberi label terhadap individu atau perilaku yang dianggap negatif berdasarkan penilaian orang lain.

Di dalam teori labeling ada dua hal yang terpenting yaitu konsep penyimpangan dan konsekuensi dari pelaksanaan kontrol sosial. Kedua hal tersebut dapat memperjelas tentang asal mula terjadinya penyimpangan dan macam-macam penyimpangan. Penyimpangan yang dilakukan individu atau kelompok dapat dibagi menjadi dua macam yaitu penyimpangan primer (hasil perbuatan yang mendapat label dari masyarakat), dan penyimpangan sekunder (pelaksanaan penyimpangan setelah mendapat label dari masyarakat).


Ket. klik warna biru untuk link

Berikutnya. Perbuatan Menyimpang sebagai Hasil Reaksi

Download

Lihat Juga
Teori Label (Labelling Theory) Edwin M Lemert (Youtube Channel. https://youtu.be/1MUJE_Qqops ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Edwin M. Lemert. Biografi 

2. Edwin M. Lemert. Perbuatan Menyimpang sebagai Hasil Reaksi
3. Edwin M. Lemert. Kekuasaan Pemberian Label

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Edwin M. Lemert. Labelling Theory (Teori Label)"