Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edward Alsworth Ross. Social Control Theory (Teori Kontrol Sosial)

Social Control Theory atau Teori Kontrol Sosial Edward Alsworth Ross
Edward Alsworth Ross
Teori kontrol sosial intinya bertitik tolak pada fenomena dari sebagian orang menaati norma-norma yang ada di dalam masyarakat. Ketaatan masyarakat dimungkinkan karena adanya kekuatan-kekuatan pengontrol tertentu di dalam kehidupan masyarakat. Jika kekuatan-kekuatan pengontrol tersebut lemah bahkan hilang maka masyarakat akan menjadi pelaku kejahatan atau bertindak kriminal. Oleh karena itu, teori kontrol sosial lebih memfokuskan diri kepada teknik-teknik dan strategi-strategi yang akan mengatur tingkah laku manusia dan membawanya kepada penyesuaian atau ketaatan kepada aturan-aturan masyarakat.

Teori kontrol sosial ditemukan pada abad 20 oleh Edward Alsworth Ross sosiolog Amerika, menurutnya masyarakat tidak melakukan kejahatan karena adanya sistem keyakinan di mana keyakinan dapat membimbing dan mengontrol tingkah laku seseorang. Kontrol sosial dikonsepkan sebagai; all-encopassing, representing practically any phenomenon that leads to conformity to norms. Dalam hal ini teori kontrol sosial dikaji dari dua macam perspektif yaitu makro (macrososiological) dan mikro (micrososiological). Kajian secara perspektif makro (macrososiological) kontrol sosial dikaji dari sistem-sistem formal yang akan mengontrol kelompok-kelompok. Sistem-sistem formal tersebut seperti, sistem hukum, undang-undang dan penegak hukum. Kelompok-kelompok kekuatan di masyarakat dan arahan-arahan sosial ekonomi dari pemerintah atau kelompok swasta. Kontrol sosial ini dapat berdampak positif jika dapat menghalangi orang untuk melakukan tindak kejahatan. Tetapi dapat berdampak negatif jika mendorong terjadinya penindasan, membatasi, atau melahirkan korupsi dari mereka yang memiliki kekuasaan.

Kajian secara perspektif mikro (micrososiological) kontrol sosial dikaji dari sistem-sistem informal. Tokoh yang mengkaji kontrol sosial secara perspektif mikro (micososiological) yaitu Travis Hirschi dalam bukunya berjudul Causes of Deliquency yang terbit tahun 1969. Jackson Toby dalam bukunya berjudul individual commitment yang terbit tahun 1957, kemudian Scott Briar dan Irving Piliavin. Para tokoh tersebut menyatakan bahwa perilaku komitmen dan penyesuaian diri individu memainkan peranan dalam menurunkan perilaku menyimpang.


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Dari berbagai sumber


Download

Lihat Juga
Social Control Theory (Teori Kontrol Sosial) Edward Alsworth Ross (Youtube Channel. https://youtu.be/JPvTqe8puGs ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Edward Alsworth Ross. Social Control Theory (Teori Kontrol Sosial)"