Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Thomas Robert Malthus. Teori Ledakan Penduduk

Thomas Robert Malthus lahir di Ruckery-St, Catherina, Inggris pada tanggal 14 Februari 1766 dan meninggal pada tanggal 23 Desember 1834. Ia seorang ahli ekonomi yang tergolong ekonomi mazhab klasik bersama-sama Adam Smith.

Ajaran-ajarannya banyak mempengaruhi pemikiran-pemikiran ekonom lainnya, seperti Ricardo di mana perkembangan ekonomi yang diasumsikan cukup suram itu berpengaruh besar pada abad ke-19. Dalam ilmu geografi ekonomi dan populasi, nama ia pun dikenal sebagai pelopor yang mengukir pada mazhab geografi. Selain itu, nama Malthus diabadikan dalam istilah neomaltusianisme. Teori Malthus tentang ledakan penduduk ditulis dalam bukunya An Essay on the Principles of Population (1798). Dalam teorinya tersebut, Malthus mengemukakan pendapat sebagai berikut.

a. Masyarakat manusia akan tetap miskin karena kecenderungan pertambahan penduduk berjalan lebih cepat darpada persediaan makanan.

b. Pertambahan penduduk dapat diibaratkan deret kali atau deret ukur sehingga pelipatgandaan jumlah penduduk dalam setiap 25 tahun, sedangkan peningkatan sarana-sarana kehidupan berjalan lebih lambat, yakni menurut deret hitung atau deret tambah.

c. Melalui tindakan pantang seksual atau pantangan kawin, perang, bahaya kelaparan, dan bencana alam, jumlah penduduk memang diusahakan sesuai dengan sarana kehidupan yang tersedia. Namun, cara itu tidak cukup untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sampai di atas batas minimum.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Lihat Juga
Teori Ledakan Penduduk Thomas Robert Malthus (Youtube Channel. https://youtu.be/UTrxFtZuGc4 ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Thomas Robert Malthus. Teori Ledakan Penduduk"