Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah

Istilah tanah merujuk kepada suatu wilayah permukaan bumi dengan ciri khas mencakup segala sifat yang sepatutnya stabil atau diperkirakan selalu terulang kembali dari lingkungan hidup yang lurus, di atas atau di bawah wilayah tersebut. Dengan demikian, ia mencakup udara di atasnya, bumi dan geologi yang melandasinya, hidrologi, tumbuhan, dan hewan yang ada akibat kegiatan manusia di masa lalu dan masa kini, sejauh semua hal tersebut menimbulkan pengaruh yang berarti atas penggunaan tanah tersebut oleh manusia, kini dan kelak kemudian hari (Vink, 1986: 194).
Tanah dan air adalah komponen bumi yang memiliki pengaruh langsung atas pertumbuhan tanaman, misalnya panen pertanian. Oleh karena itu, survei tanah dan penelitian air memiliki peranan penting dalam survei daerah untuk perencanaan tata guna tanah. Sebab baik tanah maupun air sangat erat hubungannya dengan bentuk tanah.

Di sinilah kadang-kadang kurang diakui tentang betapa pentingnya geomorfologi untuk survei tanah dan untuk perkiraan yang benar tentang cocok atau tidaknya geomorfologi itu bagi tata guna tanah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kaitan ini sebagai berikut.
a) Bentuk tanah yang terbagi atas relief makro, relief meso, dan relief mikro
b) Bentuk tanah menentukan wujud pengairan air di permukaan dan penggenangannya di tempat tertentu
c) Bentuk tanah berkaitan erat dengan ciri khas yang mendasar dari susunan geologis
d) Bentuk tanah berkaitan dengan tanah dalam berbagai cara
e) Bentuk tanah pada umumnya pun memberi petunjuk penting umur permukaan bumi sekaligus tentang erosi dan denudasi (Vink, 1986:195)


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Tanah"