Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Revolusi

Konsep revolusi menunjuk pada suatu pengertian tentang perubahan sosial politik yang radikal, berlangsung cepat, dan besar-besaran. Hal itu berbeda dengan konsep evolusi yang lebih mengacu pada perubahan yang berlangsung secara perlahan-lahan, tetapi pasti. Diskriminasi dua konsep ini penting untuk dipahami peserta didik agar secara kritis mampu membedakannya secara tepat dan akurat.
Kata revolusi pertama kali muncul dalam teks politik di Italia abad ke-14, berarti waktu itu berkaitan dengan penggulingan pemerintahan resmi yang sebenarnya tidak begitu banyak berimplikasi terhadap perubahan politik mendasar. Namun, sejak Revolusi Prancis 1789, terminologi revolusi semakin banyak dikenal dan selalu dihubungkan dengan perubahan mendadak serta berjangkauan luas (Gordon, 1964: 927).

Dilihat dari aspek penyebabnya secara umum, menurut Skocpol (1979) tidak muncul dari tingkat deprivasi atau disekuilibrium yang parah. Revolusi justru terjadi ketika berbagai kesulitan perang dan krisis keuangan negara berhasil diatasi, namun memiliki institusi-institusi yang rentan terhadap revolusi. Skocpol yang mengidentifikasi tiga ciri kelembagaan yang menyebabkan kerentanan revolusi tersebut, yaitu
1. Lembaga militer negara sangat inferior terhadap militer negara-negara pesaingnya


2. Elite yang otonom mampu menentang atau menghadang implementasi kebijaksanaan yang dijalankan pemerintah pusat


3. Kaum petani memiliki organisasi pedesaan yang otonom

Elemen-elemen di atas dalam berbagai kombinasinya telah berperan dalam memunculkan revolusi-revolusi besar di masa-masa modern pada beberapa negara, di antaranya Prancis tahun 1789, Meksiko tahun 1910, Cina tahun 1911, Rusia tahun 1917, Indonesia tahun 1945, Argentina tahun 1989, Cile tahun 1989, dan sebagainya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Video Tentang Revolusi (Youtube Chanel. https://youtu.be/VadVe9C35YY )

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial   
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Revolusi"