Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pranata dan Lembaga

Pranata dan lembaga dapat dibedakan, di mana pranata adalah sistem norma atau aturan yang menyangkut suatu aktivitas masyarakat yang bersifat khusus, sedangkan lembaga adalah badan yang melaksanakannya.

Istilah pranata sosial berasal dari bahasa Inggris, yaitu social institution. Perbedaan istilah ini terjadi karena masing-masing pengguna memberikan tekanan yang berbeda. Penggunaan istilah pranata menekankan perlunya aturan main menyangkut berbagai kebutuhan hidup dalam masyarakat yang saling berkaitan. Kata social dalam pranata sosial tidak ada hubungannya dengan kegiatan sukarela, departemen sosial atau hal-hal sejenisnya seperti istilah interaksi sosial, kehidupan sosial dan lain-lain. Penggunaan kata social dimaksudkan untuk menegaskan bahwa pranata apa pun tidak ada dalam masyarakat dengan sendirinya dan tidak ada yang terlepas dari manusia.

Pranata dibentuk, dipertahankan dan diubah hanya oleh manusia. Pranata mempengaruhi cara berpikir, bertindak dan bahkan berperasaan manusia. Sekarang timbul pertanyaan: apakah yang dimaksud dengan pranata sosial itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut definisi para ahli klik di sini.

Berdasarkan berbagai pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur yang termasuk dalam pranata sosial adalah sebagai berikut.
a. Pranata sosial merupakan seperangkat norma yang saling berkaitan, saling bergantungan dan saling mempengaruhi

b. Pranata sosial dibentuk, dipertahankan dan diubah untuk memenuhi kebutuhan hidup tertentu

c. Agar hubungan di antara warga masyarakat yang membutuhkan dan yang menyediakan pemenuhan kebutuhan tersebut dapat berjalan dengan tertib

d. Agar hubungan mereka dengan warga masyarakat pada umumnya dapat berjalan dengan baik dan tertib

e. Masyarakat secara keseluruhan berada dalam keadaan tertib

Pranata dan lembaga, keduanya sebagaimana diuraikan di atas memiliki pengertian yang berbeda. Banyak orang salah mengartikan bahwa pranata dan lembaga adalah identik. Pranata pada dasarnya merupakan sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus, sedangkan lembaga lazim disebut sebagai institute merupakan badan atau organisasi yang melaksanakan aktivitas itu. Dari pengertian tersebut dapat dengan mudah kita bedakan antara pranata dan lembaga. Untuk lebih jelas memahami perbedaan tersebut, berikut ini akan diperlihatkan tabel yang menguraikan secara gamblang perbedaan antara pranata dan lembaga.


Download

Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 3. Lembaga Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Lembaga Sosial
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pranata dan Lembaga"