Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembaruan (Inovasi)

Inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi dan modal serta penataan kembali dari tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru, sehingga terbentuk suatu sistem produksi dari produk-produk baru. Dengan demikian, inovasi adalah pembaruan unsur teknologi dan ekonomi dari kebudayaan.

Suatu proses inovasi berkaitan dengan penemuan baru dalam teknologi yang merupakan proses sosial melalui tahap discovery, yaitu penemuan dari suatu unsur kebudayaan yang baru, baik suatu alat atau gagasan baru dari seorang atau sejumlah individu. Discovery baru menjadi invention apabila suatu penemuan baru telah diakui dan diterima serta diterapkan oleh masyarakat.

Proses sejak dicovery menjadi invention, sering kali hanya melibatkan seorang individu saja, tetapi sering kali terdiri atas sejumlah pencipta yang membentuk serangkaian mata rantai. Penemuan mobil diawali dengan pengembangan motor gas oleh Marcus di Amerika tahun 1875. Bentuk mobil yang kemudian berkembang sehingga menjadi salah satu alat yang terpenting dalam kehidupan masyarakat manusia sekarang ini, merupakan invention.

Faktor pendorong penemuan baru adalah kesadaran akan kekurangan dalam kebudayaan, mutu dari keahlian dalam suatu kebudayaan dan sistem perangsang bagi kegunaan mencipta. Dalam masyarakat ada orang-orang yang merasakan adanya berbagai kekurangan dalam kebudayaannya. Penemuan baru sering kali terjadi saat ada suatu krisis masyarakat dan suatu krisis terjadi karena banyak orang merasa tidak puas dengan keadaan.

Inovasi dan evolusi selalu harus dilihat dari kerangka kebudayaan tempat penemuan itu terjadi, karena suatu penemuan baru jarang merupakan perubahan yang bersifat mendadak, yaitu dari tidak ada menjadi ada. Dengan demikian, proses inovasi merupakan suatu proses evolusi juga. Bedanya ialah dalam proses inovasi, para individu berperan secara aktif, sedangkan dalam suatu proses evolusi para individu itu pasif dan juga sering negatif. Karena kegiatan dan upaya individu itulah, maka suatu inovasi merupakan suatu proses perubahan kebudayaan yang lebih cepat daripada proses evolusi kebudayaan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Video Tentang Pembaruan (Inovasi) (Youtube Chanel. https://youtu.be/DztW97Xg0ck )

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pembaruan (Inovasi)"