Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koperasi

Koperasi adalah gerakan ekonomi atau sebagai badan usaha milik bersama (Choulmain dan Prihatin, 1994:364). Sebagai gerakan ekonomi, koperasi mempersatukan sejumlah orang yang memiliki kebutuhan yang sama dan sepakat bahwa kebutuhan bersama itu akan direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, diawasi, serta dipertanggungjawabkan secara bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan kebersamaan. Sedangkan sebagai badan usaha milik bersama, koperasi merupakan seluruh badan yang bertujuan melakukan usaha pemenuhan kebutuhan bersama seluruh anggota.

Jika ditilik sejarah perkembangannya, koperasi pertama dibentuk pada tahun 1844 di Toad Lane, Rochdale oleh 28 pekerja Lancashire yang selanjutnya mengembangkan tujuh prinsip koperasi yang sampai sekarang masih menjadi landasan gerakan koperasi di seluruh dunia, walaupun tidak sepenuhnya mendapat penekanan yang sama. Ketujuh prinsip tersebut adalah (a) keanggotaannya bersifat terbuka; (b) satu anggota satu suara; (c) perputaran modal terbatas; (d) alokasi surplus produksi disesuaikan atau kontribusi masing-masing anggota; (e) jasa penyediaan uang tunai; (f) penekanan pada aspek pendidikan; (g) bersifat netral dalam soal agama dan politik (Estrin, 2000:176).

Di Indonesia, asas koperasi diatur dalam undang-undang perkoperasian dengan asas kekeluargaan dan gotong royong. Ini tidak berarti bahwa koperasi meninggalkan sifat dan syarat-syarat ekonominya yang menghilangkan profesiensinya. Jenis-jenis koperasi dapat dibedakan berdasarkan hal berikut.
1. Lapangan Usaha, meliputi koperasi konsumsi, yaitu koperasi pemenuhan kebutuhan barang-barang untuk anggota dan koperasi produksi yang memproduksi untuk disalurkan ke para anggotanya, seperti koperasi kerajinan tangan, perindustrian, dan simpan pinjam.

2. Menurut lingkungannya, dapat dibedakan menjadi koperasi fungsional yang sering dibentuk di kantor tempat para anggotanya bekerja dan koperasi unit desa yang tersebar di desa-desa, serta koperasi sekolah yang tersebar di beberapa sekolah.


Ket. klik warna biru untuk link

Download
 

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Koperasi"