Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsumsi

Secara sederhana, pengertian konsumsi adalah segala tindakan manusia yang dapat menimbulkan turun atau hilangnya faedah atau nilai guna suatu barang. Pengertian tersebut dapat dibandingkan dengan Samuelson dan Nordhaus (1990: 61) bahwa konsumsi adalah sebagai pengeluaran untuk barang dan jasa, seperti makanan, pakaian, mobil, pengobatan, dan perumahan. Jadi, pengertian tersebut jelas berbeda dengan pemahaman yang hidup di masyarakat bahwa pemahaman konsumsi selalu inheren dengan makanan.
Seorang konsumen akan bersedia membeli suatu barang karena barang itu sangat berguna baginya. Begitu pun terhadap jasa, seseorang akan membayar suatu jasa karena jasa tersebut sangat bermanfaat baginya. Dari pernyataan tersebut dapat dikemukakan bahwa seseorang akan bersikap berbeda-beda melihat penting tidaknya suatu barang atau jasa sesuai dengan keperluannya yang berbeda-beda pula. Menurut para ahli ekonomi yang mengembangkan pendekatan dengan fungsi kegunaan dalam permintaan konsumen ini, berpendapat bahwa kegunaan suatu barang dapat diukur secara kardinal, yaitu dengan cara membandingkannya dengan tingkat kegunaan dari barang-barang yang lainnya (Abdullah, 1992: 35).

Dengan demikian, pada umumnya setiap orang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan terhadap bermacam-macam barang secara seimbang. Di sinilah orang sebagai manusia dalam memenuhi kebutuhan konsumsinya, dengan sadar atau tidak akan menggunakan prinsip ekonomi. Artinya, ia akan berusaha untuk mencapai tingkat konsumsi yang paling menguntungkan baginya. Dengan demikian, konsumen dalam melakukan konsumsinya bertujuan untuk mencapai kepuasan dan kegunaan setinggi-tingginya melalui pemikiran yang serasional mungkin. Idealnya seorang konsumen akan mempertimbangkan jumlah pendapatannya, daftar preferensi dari jenis barang yang akan dikonsumsi, harga persatuan tiap jenis barang yang akan dikonsumsi; jumlah tiap jenis barang yang akan dikonsumsi (Abdullah, 1991: 37).


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Konsumsi"