Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Giambattista Vico. Teori Daur Kultural Spiral

Nama filsuf sejarah Italia, Giambattista Vico (1668-1744) memang jarang dikenal, padahal jasanya begitu besar, terutama teorinya tentang gerak sejarah ibarat daur kultural spiral yang dimuat dalam karyanya The New Science (1723) yang telah diterjemahkan Downs tahun 1961. Atau mungkin karena teorinya sering diidentikkan dengan teori siklus, di mana nama-nama besar tokoh lainnya, seperti Pitirim Sorokin (1889-1966), Oswald Spengler (1880-1936), dan Arnold Toynbee (1889-1975), melebihi bayangan nama besarnya.

Secara makro, pokok-pokok pikiran Vico yang tertuang dalam teori daur spiralnya dalam The New Science (Downs, 1961: 113; Al-Sharqawi, 1986:147-148) sebagai berikut.
a. Perjalanan sejarah bukanlah seperti roda yang berputar mengitari dirinya sendiri sehingga memungkinkan seorang filsuf meramalkan terjadinya hal yang sama pada masa depan.

b. Sejarah berputar dalam gerakan spiral yang mendaki dan selalu memperbaharui diri, seperti gerakan pendaki gunung yang mendaki melalui jalan melingkar ke atas, setiap lingkaran selanjutnya lebih tinggi dari lingkaran sebelumnya sehingga ufuknya pun semakin luas dan jauh.

c. Masyarakat manusia bergerak melalui fase-fase perkembangan tertentu dan terjalin erat dengan kemanusiaan yang dicirikan oleh gerak kemajuan dalam tiga fase, yaitu fase teologis, fase herois, dan fase humanistis.

d. Ide kemajuan adalah substansial, mesti tidak melalui satu perjalanan lurus ke depan, tetapi bergerak dalam lingkaran-lingkaran historis yang satu sama lain saling berpengaruh. Dalam setiap lingkaran pola-pola budaya yang berkembang dalam masyarakat, baik agama, politik, seni, sastra, hukum, maupun filsafat saling terjalin secara organis dan internal sehingga masing-masing lingkaran itu memiliki corak kultural, khususnya yang merembes ke dalam berbagai ruang lingkup kulturalnya (Collingwood, 1956:67).


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Lihat Juga
Teori Daur Kultural Spiral Giambattista Vico (Youtube Channel. https://youtu.be/jAjO0VrK88I ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Giambattista Vico. Teori Daur Kultural Spiral"