Ellsworth Huntington. Teori Pengaruh Iklim Terhadap Peradaban

Teori Pengaruh Iklim Terhadap Peradaban Ellsworth Huntington
Ellsworth Huntington
Ellsworth Huntington adalah seorang ahli geografi Amerika Serikat yang produktif menulis berbagai buku ternama dan teorinya tergolong fantastis imajiner, kadang dinilai bombastis. Inti teori-teorinya itu terdapat dalam tiga buku, yakni The Pulse of Asia (1907); Palestine and Its Transformation (1911), dan Civilization and Climate (1915), yang secara garis besar pokok-pokok pikirannya sebagai berikut.
a. Peradaban besar yang ada di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat Daya pada zaman kuno, sekarang ini kondisi dari daerah-daerah tersebut mengerikan, pada awal abad ke-20 diperkirakan terjadinya kemerosotan peradaban yang disebabkan oleh perubahan iklim.

b. Mengeringnya wilayah itu saat ini, kelihatannya tidak sesuai dengan posisinya dahulu sebagai pusat kerajaan. Menurutnya, iklim yang dahulu jauh lebih lembap dan pada wilayah itu terjadi suatu proses pengeringan yang terus-menerus dan progresif.


c. Proses semacam ini menjadi bagian dari suatu proses yang lebih besar dari fenomena-fenomena yang lebih umum. Sesuai dengan hal itu, ia terdorong untuk membuat postulat tentang mengeringnya bumi yang terjadi dalam pulsasi ritmik, dengan periode-periode dari udara kering dan basah.

d. Begitu pun cerita pengembaraan bangsa Ibrani (Yahudi) dalam kitab suci berhubungan dengan titik tengah antara masa kekeringan dan masa kebasahan. Ekspansi kerajaan Mogul dan ekspansi kerajaan barbar Mongol sampai ke Eropa adalah akibat dari mengeringnya tempat tinggal asli dari kaum penyerbu.

e. Proses pengeringan yang progresif dari bumi mengikuti arah tertentu, umumnya dari timur ke barat. Inilah yang menjelaskan pergantian pusat-pusat peradaban besar dari Babilonia, dari Mesir ke Yunani, dari Yunani ke Roma, dari Roma ke Prancis, dari Prancis ke Inggris, dan dari Inggris ke Amerika Serikat.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Lihat Juga
Pengaruh Iklim Terhadap Peradaban Ellsworth Huntington (Youtube Channel. https://youtu.be/bCekOUEx0cc ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ellsworth Huntington. Teori Pengaruh Iklim Terhadap Peradaban"