Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demografi

Konsep demografi merujuk kepada analisis terhadap berbagai variabel kependudukan. Di dalamnya mencakup berbagai metode perhitungan dan hasil substantif dan riset mengenai angka kematian (mortalitas), angka kelahiran (natalitas), migrasi, dan jumlah serta komposisi penduduk atau populasi (Keyfitz, 2000: 219).
Biasanya para ahli demografi mengumpulkan data kependudukan dan segenap komponen perubahannya, serta membangun model-model dinamika populasi. Mereka memiliki kontribusi penting terhadap bidang kependudukan yang begitu luas, mencoba pula mengaitkan perubahan kependudukan dengan aspek-aspek nondemografi, seperti faktor-faktor sosial, politik, dan sebagainya. Dengan demikian, kajian demografi bersifat interdisipliner yang banyak menggunakan konsep-konsep kajian sosiologi, sejarah, ekonomi, antropologi, psikologi, dan lain-lain. Dalam penggunaan metodenya pun memakai statistika dan analisis numerik.

Jika ditinjau dari jenis atau macam variabel kependudukannya, demografi terdiri atas dua jenis variabel kependudukan. Pertama, variabel stok (stock) yang bersifat statis. Variabel stok ini menggunakan sumber sensus-sensus nasional yang bentuknya selalu berkembang sejak abad ke-17 hingga sekarang menjadi lebih modern. Beberapa informasi crossectional yang lazim dikumpulkan dalam sensus tersebut adalah usia dan jenis kelamin serta distribusinya, status dan mata pencaharian, serta tempat lahir. Kedua, arus (flow) yang bersifat dinamis. Gelombang modernisasi yang menurunkan angka kelahiran, ternyata memengaruhi berbagai subkelompok masyarakat di suatu negara pada waktu-waktu yang berbeda. Sebagai akibatnya, transisi demografis memperlihatkan dirinya sebagai tingkat kesuburan yang berbeda-beda. Kelompok kaya, mereka tinggal di kota-kota, golongan terdidik suatu ketika cenderung memiliki tingkat kelahiran lebih rendah daripada kelompok miskin dan buta huruf. Perbedaan yang mencolok pun terjadi ketika penghasilan meningkat dan distribusi pendapatan menyempit. Beberapa pertanyaan yang belum dapat terjawab berkaitan dengan perubahan-perubahan demografis dewasa ini adalah tiap sejauh mana turunnya kesuburan demografis dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan tingkat penghasilan (Keyfitz, 2000: 221).


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Demografi"