Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Birokrasi

Secara bahasa, istilah birokrasi berasal dari bahasa Prancis; bureau, yang artinya kantor atau meja tulis, dalam bahasa Yunani; kratein, artinya mengatur. Birokrasi adalah sistem administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang terstruktur dalam sistem hierarki yang jelas, dilakukan dengan aturan tertulis (written pocedures), dilakukan oleh bagian tertentu yang terpisah dengan bagian lainnya, oleh orang-orang yang dipilih karena kemampuan dan keahlian di bidangnya.

Birokrasi adalah organisasi yang melayani tujuan dan cara untuk mencapai tujuan itu ialah dengan mengkoordinasi secara sistematis. Birokrasi berhubungan dengan negara, karena:
- Semua birokrasi dalam pengertian publik erat hubungannya dengan negara, karena keberadaan dan arah birokrasi diasumsikan selalu mengikuti arah kebijakan dan arah politik negara.

- Negara adalah rumah utama dari birokrasi dalam ranah publik. Begitu negara berdiri secara legal formal, maka birokrasi baru bekerja untuk negara. Birokrasi adalah alat negara dan pemerintah dalam berbagai manajemen pemerintah.

Negara modern membutuhkan birokrasi yang modern. Birokrasilah yang mengimplementasikan politik dan kebijakan negara. Seorang menteri sebagai pejabat politik memiliki waktu yang terbatas dan tidak mungkin bisa ada di semua tempat pada saat yang bersamaan, hal itu disebabkan rentang kendali mereka terbatas. Birokrasi memiliki posisi unit. Keterjaminan posisi pegawai negeri sipil lebih besar ketimbang yang dimiliki oleh para politisi. Terutama sekali pada pemerintahan parlementer, menteri akan pindah jabatankan, dipromosikan, diturunkan dan digantikan begitu kepemimpinan berubah. Hal ini memberikan daya insentif kepada birokrasi untuk menolak perubahan mereka yang perlu tidak berbuat sesuatu sampai sang menteri tidak lagi menduduki jabatannya.

Pada hakikatnya, birokrasi itu juga pemerintah, namun tidak termasuk di dalamnya para pemimpin politik. Begitu ketua parpol masuk dalam pemerintahan, maka ia harus dipandang sebagai alat negara, bukan politisi. Pemerintah itu adalah mesin negara.

Birokrasi pemerintahan yang acap kali disebut sebagai kerajaan pejabat(officialdom) pada hakikatnya memamerkan kekuasaan yang disusun secara hierarki. Susunan hierarki kekuasaan seperti itu merupakan ciri khas dari perwujudan birokrasi. Pertumbuhan kekuasaan dalam birokrasi pemerintah sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya pemerintahan itu sendiri. Dalam birokrasi pemerintah tidak mungkin hanya didominasi oleh para birokrat tanpa memberikan kesempatan hadirnya institusi politik. Dalam rancang bangun penghuni birokrasi pemerintah akan dijumpai hadirnya jabatan-jabatan birokrasi karier dan jabatan-jabatan politik.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 5. Kelompok Sosial di Masyarakat (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Kelompok Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Birokrasi"