Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benua

Istilah benua dalam ensiklopedia Indonesia (1984: 448) merujuk kepada suatu daratan yang begitu luas sehingga bagian tengah daratan yang luas tersebut tidak mendapat pengaruh angin laut sama sekali. Dalam sejarah, dikenal 5 benua yang dihuni manusia, yaitu Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Sedangkan secara geografis, pembagian benua tersebut terbagi atas 3 benua, yakni Erasia-Afrika, Amerika, dan Australia. Secara keseluruhan, luas benua tersebut mencapai lebih kurang 29% dari seluruh permukaan bumi, dan sisanya (71%) adalah luas samudera.
Benua Asia merupakan benua terluas di dunia dengan 44,18 juta km² dan berpenduduk terbanyak di antara benua lainnya. Dilihat dari fisiografinya, benua Asia terdiri atas pegunungan tinggi. Bahkan gunung tertinggi di dunia pun ada di benua Asia, yakni Gunung Everest (Mount Everest) dengan tinggi 8.882 meter yang selalu diliputi salju abadi. Benua Asia pun merupakan tempat lahirnya agama-agama besar di dunia (Islam, Kristen, Hindu, Budha, Kong Hu Cu/Kung Fu-tse/Confucius, dan Shinto). Benua ini dihuni oleh beberapa ras yang sebagian sudah berasimilasi, namun ras dominan adalah Mongoloid (Asia Timur), Kaukasoid (Asia Tengah), dan Negroid (Asia Barat Daya).

Benua Eropa merupakan benua terkecil dari Erasia-Afrika, memiliki luas 10,77 Juta km². Fisiografinya pun menunjukkan relief yang berbeda-beda. Benua ini dihuni oleh ras Kaukasoid, khususnya Eropid. Di benua ini terdapat beberapa negara maju, seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia. Berbeda dengan Benua Afrika yang merupakan benua terluas ke-3 yang memiliki gunung tertinggi, yaitu Gunung Kilimanjaro dengan tinggi 6.010 m dan Gunung Kenya dengan tinggi 5.195 m. Benua ini dihuni oleh ras Negroid yang pada umumnya taraf ekonominya kurang maju, kecuali Afrika Selatan.

Berikutnya adalah benua Amerika yang merupakan benua terluas ke-2 dengan penduduk aslinya Indian, kemudian datang ras Eropid, disusul Negroid yang ada akibat masa-masa perdagangan budak. Secara regional, benua ini terbagi atas Amerika Utara (bekas jajahan Inggris dan Prancis yang merupakan negara maju, yakni Amerika Serikat dan Kanada) dan Amerika Latin (Amerika Tengah dan Selatan) yang umumnya negara berkembang bekas jajahan Spanyol. Sedangkan benua Australia merupakan benua terkecil di antara 5 benua dengan luas 7.6 juta km², penduduk aslinya suku Aborigin (kontinental) dan Maori (Kepulauan Selandia Baru). Namun, sekarang penduduk mayoritasnya adalah ras Eropid, sejak benua ini menjadi koloni Inggris. Dalam sejarahnya yang kelam, Australia pernah menjadi daerah tempat pembuangan narapidana Inggris.


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Benua"