Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Lingkup. Sosiologi Militer (Military Sociology)

Bidang kajian ini menyoroti angkatan bersenjata sebagai suatu organisasi bertipe khusus dengan fungsi sosial spesifik (Bredow, 2000:664). Fungsi-fungsi tersebut bertolak dari suatu tujuan organisasi keamanan dan sarana-sarananya, kekuatan, serta kekerasan. Sebenarnya, masalah-masalah seperti itu sudah lama didiskusikan oleh para sosiolog, seperti Auguste Comte maupun Herbert Spencer. Akan tetapi, secara formal studi sosiologi militer tersebut baru dimulai selama Perang Dunia II. Kajian yang paling awal dilakukan Research Branch of Information and Education of the Armed Forces antara tahun 1942-1945, yang kemudian dipublikasikan (Stouffer, 1949). Sosiologi militer tersebut terus berkembang pesat khususnya di Amerika Serikat, yang menurut Bredow (2000:665), terdapat lima bidang utama kajian sosiologi militer.
a. Problem organisasi internal yang menganalisis proses-proses dalam kelompok kecil dan ritual militer dengan tujuan untuk mengidentifikasi problem disiplin dan motivasi, serta menguraikan cara-cara subkultur militer dibentuk.

b. Problem organisasional internal dalam pertempuran, di mana dalam hal ini dianalisis termasuk seleksi para petinggi militer, kepangkatan, dan evaluasi motivasi pertempuran.

c. Angkatan bersenjata dan masyarakat yang mengkaji tentang citra profesi yang berkaitan dengan dampak perubahan sosial dan teknologi, profil rekrutmen angkatan bersenjata, problem pelatihan dan pendidikan tentara, serta peran wanita dalam angkatan bersenjata.

d. Militer dan politik. Dalam hal ini, dianalisis ada suatu perbandingan bahwa pada demokrasi Barat riset militer, terfokus pada kontrol politik terhadap jaringan militer, kepentingan ekonomi, dan administrasi lainnya. Namun, bagi negara-negara berkembang, memfokuskan berbagai sebab dan konsekuensi dari kudeta militer yang diperankannya dengan membawa atribut-atribut pembangunan dan praetorisme (bentuk yang biasanya diterapkan oleh militerisme negara berkembang).

e. Angkatan bersenjata dalam sistem internasional. Dalam hal ini, dianalisis tentang aspek-aspek keamanan nasional dan internasional, disertai peralatan atau perlengkapan dan pengendaliannya, serta berbagai operasi pemeliharaan perdamaian internasional.


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Baca Juga
1. Auguste Comte. Biografi
2. Herbert Spencer. Biografi
3. Sosiologi Auguste Comte
4. Auguste Comte. Sekilas Pemikiran
5. Herbert Spencer. Teori Evolusi
 

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Lihat Juga
1. Ruang Lingkup. Sosiologi Seni
2. Ruang Lingkup. Sosiologi Pendidikan (Sociology of Education)
3. Ruang Lingkup. Sosiologi Agama
4. Ruang Lingkup. Sosiologi Keluarga (Family Sociology)
5. Ruang Lingkup. Sosiologi Militer (Military Sociology)
6. Ruang Lingkup. Sosiologi Wanita (Women Sociology)
7. Ruang Lingkup. Sosiologi Perkotaan (Urban Sociology)
8. Ruang Lingkup. Sosiologi Medis (Medical Sociology)
9. Ruang Lingkup. Sosiologi Industri (Industrial Sociology)
10. Ruang Lingkup. Sosiologi Pedesaan (Rural Sociology)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Ruang Lingkup. Sosiologi Militer (Military Sociology)"