Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amitai Etzioni. Dari Masyarakat Terasing ke Masyarakat Aktif

Walaupun Amerika Serikat boleh dikatakan sedang bergerak ke arah masyarakat aktif, tetapi keliru bila menganggap masyarakat aktif tersebut sudah tercapai. Masyarakat atau kegiatan ke arah itu harus direncanakan. Keterasingan atau daya tanggap yang rendah terhadap individu masih merupakan bagian dari gaya hidup orang Amerika. Pada dasarnya yang kita miliki sekarang ialah masyarakat semu, (inauthentic society), atau masyarakat dengan penampilan luar yang bersifat tanggap sedang di dalam sebenarnya merupakan masyarakat terasing. Sebab-musabab keterasingan ini menurut Etzioni (1968:618), tidak bersumber pada psikis individu tetapi dalam struktur politik dan kemasyarakatan. Struktur tersebut harus diubah bilamana keterasingan itu ingin dihilangkan.

Etzioni (1968, 622:626) menyatakan bahwa konsep-konsep keterasingan dan kesemuan (inauthenticity) mengakui adanya kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh masyarakat aktif itu. Dia mencoba mengetengahkan daftar yang tidak komplit dari kebutuhan yang demikian.
1. Kebutuhan afeksi, juga menunjuk kebutuhan solidaritas, kohesi, atau kasih sayang
2. Kebutuhan pengakuan, juga menunjuk pada kebutuhan harga diri, keberhasilan (achievement) atau penerimaan (approved)
3. Kebutuhan konteks atau kebutuhan orientasi, konsistensi, sintesa, pengertian, atau “keseluruhan”
4. Kebutuhan pengulangan kepuasan yang memungkinkan ganjaran-ganjaran yang dapat diramalkan dan sering terjadi


Manusia memerlukan variasi di samping berupaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan afeksi, pengakuan, konteks dan pengulangan kepuasan itu. Yang dimaksud Etzioni dengan variasi ialah bahwa satu masyarakat harus mentolerir adanya berbagai norma dan peranan sosial. Hal mana akan memberikan jalan keluar bagi keanekaragaman individu yang berasal dari perbedaan kepribadian atau perbedaan sosialisasi.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar lengkap dari seluruh kebutuhan dasar manusia dan tidak pula harus dianggap sebagai hal yang sudah ada. Etzioni menekankan peranan penelitian empiris dalam menyiapkan pengetahuan mengenai tujuan yang diinginkan anggota suatu masyarakat. Tercapainya masyarakat aktif hanya mungkin bilamana pengetahuan yang diperoleh lewat penelitian ilmiah melicinkan jalan yang akan ditempuh oleh para pelaku masyarakat. 


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Poloma, Margaret. M. 2007. Sosiologi Kontemporer. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta


Baca Juga
1. Amitai Etzioni. Dasar-Dasar Teori Aksi Makroskopik
2. Amitai Etzioni. Masyarakat Aktif: Teori Proses-Proses Sosial dan Politik
3. Amitai Etzioni. Konsensus Kemasyarakatan dan Daya Tangkap
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Amitai Etzioni. Dari Masyarakat Terasing ke Masyarakat Aktif"