Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Ahli

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Ahli
Pembangunan Berkelanjutan
Berikut beberapa definisi tentang konsep pembangunan berkelanjutan
1. Laporan Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan (Brundtland Report), pembangunan berkelanjutan adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

2. UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup (Pasal 1 Ayat 3), menjelaskan pembangunan berkelanjutan sebagai upaya dasar dan terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan masa depan.

3. Sudharta P. Hadi, memberikan pengertian pembangunan berkelanjutan adalah konsep pembangunan yang menyelaraskan antara kepentingan pembangunan dengan pengelolaan yang ada di lingkungan.

4. Budiharjo dan Sudjarto, memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah suatu pembangunan yang tidak mengabaikan atau mengancam generasi yang akan mendatang. Sehingga selain mampu memenuhi kebutuhan masyarakat juga mampu untuk mempertahankan keserasian lingkungan. Baik vitalitas sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanan

5. Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental, pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memanfaatkan sumber daya alam secara optimal tetapi berkewajiban untuk menjaga kelestarian alam dengan mempertimbangkan kepentingan generasi masa depan melalui perencanaan atau manajemen yang baik.

6. World Commission On Enviromental Development (WCED), memberikan pengertian pembangunan berkelanjutan adalah suatu yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa mengurangi kemampuan dan mengorbankan kebutuhan generasi mendatang .

7. Konferensi Tingkat Tinggi Pembangunan Berkelanjutan, dalam konferensi ini memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang mempersiapkan masyarakat untuk melakukan perdagangan bebas multilateral dengan syarat terciptanya tata pemerintahan yang baik (good goverment).

8. Robert W. Kates, mengartikan pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang menekankan kepada nilai-nilai keamanan dan kesejahteraan nasional negara, daerah, dan institusi-institusi dari adanya modal sosial dari masyarakat itu sendiri.

9. Wibawa, memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah transformasi progresif terhadap struktur sosial, ekonomi dan politik untuk meningkatkan kehidupan masyarakat tanpa mengorbankan kemampuan para generasi yang akan datang.

10. Ignas Kleden, memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah suatu pembangunan yang mengacu pada pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dan tetap berkewajiban untuk memelihara keseimbangannya.

11. Emil Salim, mengartikan bahwa pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan memperhatikan batasan-batasan agar tidak mengancam kehidupan di masa mendatang.

12. William Ascher dan Robert Healy, pembangunan berkelanjutan (sustainable development), adalah suatu cara atau strategi pembangunan yang memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang dan menghindari eksploitasi sumber daya alam secara maksimal yang hanya memberikan keuntungan jangka pendek.


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Dari berbagai sumber.

Materi Sosiologi SMA 
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
12. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
13. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
14. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
15. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Ahli"