Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Al-Mas’udi. Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Al-Mas’udi
Al-Mas’udi
Wafat di Fustat, Mesir, 956. Ahli geografi, sejarah, geologi, tokoh ensiklopedi sains Islam, dan dikenal sebagai seorang pengembara dunia. Ia juga mempelajari ilmu kalam (teologi), akhlak, politik, dan bahasa. Nama lengkapnya adalah Abu Hasan Ali bin Husein bin Ali al-Mas’udi. Ia mendapat gelar Imam al-Mu’arrikhin (pemimpin para sejarawan) oleh Ibnu Khallikan (608 H/1211 M-681 H/1282 M), sejarawan muslim. Selian itu ia juga dijuluki Herodotus (ahli sejarah Yunani).

Tidak banyak diketahui tentang masa kecilnya. Sebagian besar sejarawan berpendapat bahwa ia lahir di Baghdad pada akhir abad ke-9 dan meninggal dunia di Fustat pada tahun 956. Namun Ibnu Nadim dalam kitabnya al-Fihrist (Indeks) menyebutnya berasal dari Magribi, Afrika Utara. Oleh karena itu, Ahmad Ramadhan Ahmad (ahli sejarah), dalam karyanya ar-Rihlah wa ar-Rahalah al Muslimun (Wisata dan Para Penjelajah Muslim) menyimpulkan, dari dua pendapat di atas ada dua kemungkinan. Pertama, keluarganya datang dari Magribi ketika ia masih kanak-kanak dan kemudian menetap di Baghdad. Kedua, keduanya datang dari Magribi dan telah menetap di Baghdad ketika ia lahir.

Setelah menyelesaikan pendidikan pertama yang diterima dari ayahnya, al-Mas’udi segera merencanakan untuk mendalami sejarah, adat istiadat, kebiasaan, dan cara hidup setiap negeri. Ia juga banyak mempelajari ajaran Kristen dan Yahudi, serta sejarah Barat dan Timur yang berlatar belakang Kristen dan Yahudi.

Negeri pertama yang dikunjunginya adalah Iran dan Kirman (915). Ia kemudian bermukim di Ushtukhar, Persia, dan dari sana pergi ke India, mengunjungi Multan dan al-Manshura. Bersama para pedagang, ia melanjutkan pengembaraannya ke Ceylon (Sri Langka) dan ikut mengarungi Laut Cina. Dalam perjalanan pulang ia mengelilingi Samudera Hindia dan kemudian mengunjungi Oman, Zanzibar, pesisir Afrika Timur, Sudan, dan Madagaskar. Pada tahun 926 ia kembali mengadakan perjalanan ke beberapa negeri seperti ke Tiberias (Suriah) dan Palestina, serta tahun 943 ke Antioch (Suriah). Ia juga mengelilingi negeri-negeri Irak dan Arab selatan. Sepuluh tahun terakhir hidupnya dilalui di Suriah dan kemudian di Mesir, tempat ia meninggal dunia.


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Al-Mas’udi. Karya dan Pemikiran

Sumber
Suplemen Ensiklopedi Islam Diterbitkan Oleh PT. Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta Tahun 1996
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Al-Mas’udi. Riwayat Hidup"