Mohammed Arkoun. Karya-Karya

Karya-Karya Mohammed Arkoun
Mohammed Arkoun
Dalam petualangan ilmiahnya, Arkoun telah banyak menyumbang karya ilmiahnya, yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Prancis. Karena Arkoun baru secara intensif belajar bahasa Arab setelah duduk di sekolah menengah atas, ia sulit untuk memaparkan pemikirannya dalam bahasa Arab. Ia juga mengatakan kesulitan lain yang dihadapinya. Kemajuan yang paling menentukan yang terjadi dalam pemikiran ilmiah sejak tahun 1950-an belum tersedia dalam bahasa Arab atau bahasa Islam mana pun.

Acuan apa pun dalam epistemologi kritis, kritik wacana, atau sejarah dekonstruktif belum mungkin diuraikan dalam bahasa-bahasa itu karena persoalan seperti ini belum dipikirkan oleh pemakai bahasa tersebut. Itulah sebabnya Arkoun lebih memilih bahasa Prancis dalam memaparkan pemikirannya dibanding bahasa Arab yang merupakan bahasa ibu-nya. Di antara karya yang ditulis Arkoun tersebut ialah: L’humanisme Arabe au IV/Xe Siecle (Humanisme Arab Abad IV/X), J. Vrin, 1970; Essais sur la Pensee Islamique (Esai-esai tentang Pemikiran Islam), Paris 1973; La Pensee Arabe (Dunia Pemikiran Arab), 1973; Lectures de Coran (Telaah tentang Al-Qur’an), Paris, 1982; dan Pour une Critique de la Raison Islamique (Untuk sebuah Kritikan Akal dan Pemikiran Islam), Maisonneuve Larose, Paris, 1984.


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Mohammed Arkoun. Sekilas Pemikiran
Mohammed Arkoun. Sekilas Biografi Pemikiran

Sumber
Suplemen Ensiklopedi Islam Diterbitkan Oleh PT. Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta Tahun 1996
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mohammed Arkoun. Karya-Karya"