Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Malik Ibnu Nabi. Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya

Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya Malik Ibnu Nabi
Malik Ibnu Nabi
Malik Ibnu Nabi lahir di Qusantinah Aljazair 1905. Malik Ibnu Nabi adalah tokoh pembaruan Islam abad ke-20 dari Aljazair. Ia menamatkan pendidikan dasarnya sampai menengah atas di Nes, Aljazair, kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Teknik jurusan listrik di salah satu universitas di Paris. Karyanya ditulis dalam bahasa Prancis. Untuk memperdalam bahasa Arab ia berkunjung ke Cairo tahun 1956. Kemudian pada tahun 1958-1961, ia berada di Suriah untuk memberikan kuliah di beberapa perguruan tinggi di negeri itu.

Ibnu Nabi banyak menulis buku di bidang kebudayaan, antara lain tentang keterbelakangan umat Islam. Dalam bukunya, Musykillah al-Hadarah (Persoalan Kebudayaan), ia secara panjang lebar menguraikan dan menganalisis persoalan yang dihadapi dunia Islam, khususnya persoalan penjajahan yang dialami dunia Islam. Dalam buku itu, ia menyimpulkan bahwa penyebab utama keterbelakangan umat Islam sehingga dengan mudah dijajah oleh bangsa-bangsa Barat adalah persoalan kebodohan, kemiskinan, dan tidak adanya persatuan sesama umat Islam.

Dalam buku Wujhah al-‘Alam al-Islami (Gambaran Dunia Islam), Ibnu Nabi mengatakan bahwa kondisi umat Islam di berbagai belahan bumi tidak memiliki pengetahuan, sehingga tidak dapat memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya sendiri. Akibatnya mereka menjadi orang-orang miskin yang dengan mudah dapat dijajah oleh bangsa lain. Kemudian dalam bukunya Syurut an-Nahdah (Syarat-Syarat Kebangkitan) lebih lanjut ia mengatakan bahwa keadaan umat yang bodoh, miskin, dan terbelakang tersebut dimanfaatkan oleh pihak penjajah untuk mengeksploitasi umat Islam demi kepentingan negara mereka. Eksploitasi ini bukan saja bersifat materiil, tetapi juga merembet ke masalah spiritual yang mereka anggap sebagai basis umat Islam. Dalam bidang mental, para penjajah berusaha merusak moral dan akhlak umat Islam, sehingga mereka tidak akan pernah menjadi umat teladan, seperti yang dicantumkan Allah SWT dalam firman-Nya pada surah al-Baqarah ayat 143.


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Malik Ibnu Nabi. Pemikiran dan Karya

Sumber
Suplemen Ensiklopedi Islam Diterbitkan Oleh PT. Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta Tahun 1996
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Malik Ibnu Nabi. Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya"