Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasan Hanafi. Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya

Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya Hasan Hanafi
Hasan Hanafi
Hasan Hanafi lahir di Cairo 14 Februari 1934. Seorang filsuf hukum Islam, dan guru besar Fakultas Filsafat Universitas Cairo. Ia dikenal karena gagasannya mengenai kiri Islam yang dicetuskan pada tahun 1981. Kiri Islam adalah sebuah gagasan untuk membangkitkan kembali peradaban Islam melalui pemurnian ajaran tauhid dan penentangan terhadap dominasi kultur Barat.

Hasan Hanafi memperoleh gelar dokter dari Universitas Sorbone, Paris, pada tahun 1966. Disertasinya yang berjudul Essai Sur la Methode d’ exegese (Esai tentang Metode Penafsiran) setebal 900 halaman memperoleh hadiah sebagai karya tulis terbaik di Mesir pada tahun 1971. Sekembalinya dari Paris (1966), ia segera ditugaskan mengajar mata kuliah filsafat di Fakultas Sastra Jurusan Filsafat Universitas Cairo, Mesir.

Pada tahun 1981 Hasan Hanafi meluncurkan jurnal berkalanya al-Yasar al-Islami: Kitabat fi an-Nahdah al-Islamiyyah (Kiri Islam: Beberapa Esai tentang Kebangkitan Islam).
Esai pertama jurnal itu berjudul Maza Ya’ini al-Yasar al-Islami (Apa Arti Kiri Islam) yang memuat pemikiran Hasan Hanafi tentang beberapa isu penting yang berkaitan dengan kebangkitan Islam. Kebangkitan Islam menurutnya dapat diwujudkan dengan menekankan tiga hal: (1) perlunya rasionalisme untuk revitalisasi khazanah Islam klasik, (2) perlunya perlawanan terhadap kebudayaan Barat, dan (3) perlunya analisis atas realitas dunia Islam.

Jurnal berkala ini hanya sempat terbit sekali karena pemerintah Mesir melarangnya. Meskipun hanya terbit sekali, kemunculannya yang sekilas itu tidak dapat menghapus begitu saja makna kehadiran gagasan Kiri Islam yang dilontarkannya. Gagasan Kiri Islam sejak itu bergulir sebagai bola salju yang semakin lama semakin membesar. Banyak pemikir, baik dari kalangan Islam maupun non-Islam, tergoda oleh pesona gagasannya. Kazuo Shimogaki, pengamat Timur Tengah dari Universitas Jepang, melakukan telaah kritis terhadap gagasan Kiri Islam dan menuliskannya dalam sebuah buku yang berjudul Between Modernity and Post-modernity: the Islamic Left and Dr. Hasan Hanafi’s Thought (Antara Modernisme dan Post-modernisme: Gagasan Kiri Islam dan pemikiran Dr. Hasan Hanafi).


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Baca Juga
1. Hasan Hanafi. Pemikiran dan Karya
2. Hasan Hanafi. Esensi Islam 
3. Hasan Hanafi. Islam sebagai Sebuah Prinsip Universal: Transendensi
4. Hasan Hanafi. Islam sebagai Sebuah Kode Etik Universal: Perilaku yang Baik
5. Hasan Hanafi. Islam sebagai Sebuah Aksi yang Menyatu bagi Kelangsungan Hidup Manusia 

Sumber
Suplemen Ensiklopedi Islam Diterbitkan Oleh PT. Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta Tahun 1996
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Hasan Hanafi. Sekilas Biografi Pemikiran dan Karya"