Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill HOTS
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Untuk mengetahui jenis soal kategori higher order thinking skill (HOTS), ada baiknya kita mengetahui hierarki (tingkatan) soal berdasarkan tingkat kesulitannya. Menurut pakar, soal-soal tertulis dibedakan menjadi enam tingkatan sesuai tingkat kesulitannya. Soal termudah digolongkan dalam tingkat cognitive 1 (C1), kemudian berturut-turut meningkat hingga C2, C3, C4, C5, dan yang tersulit C6. Dari keenam tingkatan tersebut hanya lima tingkatan yang umumnya dibuat soal pilihan ganda. Berikut ini lima tingkatan yang dimaksud.

1. SOAL PENGETAHUAN (C1)
Ini tingkatan paling rendah. Soal dibuat untuk menguji kemampuan Anda dalam mengingat kembali materi yang pernah Anda pelajari. Soal ini menuntut jawaban berdasarkan hafalan. Soal-soal seperti ini termasuk klasifikasi mudah

2. SOAL PEMAHAMAN (C2)
Untuk menjawab soal ini, Anda harus memahami materi, bukan sekedar hafal. Agar dapat menjawab soal ini, Anda harus banyak berlatih. Soal-soal seperti ini termasuk klasifikasi sedang.

3. SOAL PENERAPAN (C3)
Pada tingkatan ini, Anda dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep yang pernah Anda pelajari, misalnya menerapkan rumus untuk memecahkan masalah. Sama seperti soal pemahaman, untuk menjawab soal seperti ini, Anda harus banyak berlatih. Soal-soal seperti ini termasuk klasifikasi sedang.

4. SOAL ANALISIS (C4)
Ini soal klasifikasi sulit. Soal ini menuntut Anda untuk melakukan analisis sebelum menentukan jawaban. Jika analisis Anda tepat, jawaban Anda pasti tepat. Sebaliknya jika analisis Anda salah, jawaban Anda pasti salah. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati terhadap soal semacam ini. Soal-soal analisis biasanya berupa tabel, grafik, bagan, atau wacana. 


5. SOAL SINTESIS (C5)
Untuk menyelesaikan soal ini, Anda harus berpikir keras. Anda harus memadukan berbagai pengetahuan yang Anda miliki. Sama seperti soal analisis, soal ini umumnya berupa tabel, grafik, bagan, atau wacana. Soal ini termasuk klasifikasi sulit.

Dari kelima tingkatan di atas, soal C4 dan C5 memerlukan proses berpikir lebih cermat dan kritis. Nah, soal C4 dan C5 itulah yang digolongkan ke dalam soal higher order thinking skill (HOTS). Untuk menyelesaikan soal-soal ini, Anda harus banyak berlatih agar ketajaman berpikir Anda semakin terasah. Jika terbiasa berlatih dengan soal-soal seperti ini, Anda pasti dapat menyelesaikan soal-soal higher order thinking skill (HOTS) terutama pada soal-soal Ujian Nasional.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

3 comments for "Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)"

  1. tak bisa di copy ke word iyaaaa...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://sosiologi79.blogspot.com/2019/09/video-tutorial-edit-file-pdf-diproteksi.html

      Delete