Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

William James. Perkembangan Pragmatisme

Perkembangan Pragmatisme William James
William James
William James dilahirkan di New York pada tahun 1842. Setelah belajar ilmu kedokteran di Universitas Harvard, ia kemudian pada tahun 1855-1860 belajar di Inggris, Prancis, Swiss, dan Jerman. Ia kembali ke Amerika dan memberi kuliah di Harvard dalam bidang anatomi, fisiologi, psikologi, dan filsafat hingga tahun 1907. Pada tahun 1910 ia meninggal dunia.

William James selain menamakan filsafatnya dengan pragmatisme, juga menyebutkan dengan istilah Radikal Empirisme (Empirisme Radikal). Yang dimaksudkan dengan pragmatisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa yang benar ialah apa yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan perantaraan yang akibat-akibatnya yang bermanfaat secara praktis. Aliran ini bersedia menerima segala sesuatu asal saja membawa akibat praktis. Pengalaman-pengalaman pribadi, kebenaran mistik, semuanya bisa diterima sebagai kebenaran, dan dasar tindakan asalkan membawa akibat praktis yang bermanfaat. Dengan demikian, patokan pragmatisme adalah manfaat bagi hidup praktis.

Sedangkan empirisme radikal adalah suatu empirisme harus tidak menerima suatu unsur alam bentuk apa pun yang tidak dialami secara langsung, atau mengeluarkan dari bentuknya unsur yang dialami secara langsung. James menganggap hubungan (relation) seperti lebih besar daripada sebagai salah satu dari unsur-unsur yang dialami secara langsung.

Untuk memperkokoh dan mengembangkan pragmatisme sebagai aliran filsafat baru, James bekerja ekstra keras untuk mengarang beberapa buku yang isinya memuat ajaran-ajaran pragmatisme. Buku-buku hasil karya James antara lain: 1) Principles of Psychology (1890); 2) The Dilemma of Determinisme (1884); 3) The Sentiment of nationality (1879); 4) Psychology: The Briefer Course (1892); 5) The Will to Believe (1897); 6) Human Immortality (1898); 7) The Varietiess of Religius Experience (1902); 8) Pragmaticism; 9) The Meaning of Truth (1909); 10) A Pluralistic Universe (1909); dan 11) Essay in Radical Empirisme (1912).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.

Maksum, Ali. 2016. Pengantar Filsafat; dari Masa Klasik hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Baca Juga
1. William James. Biografi
2. William James. Pragmatisme dan Etika
3. William James. Kepercayaan Religius 
4. William James. Kebenaran Pragmatis
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "William James. Perkembangan Pragmatisme"