Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

W. E. B Du Bois dan Teori Ras

W. E. B Du Bois dan Teori Ras
Teori Ras
Meskipun W.E.B. Du Bois (1868-1963) mengajar di jurusan sosiologi (Universitas Atlanta) untuk waktu yang cukup lama, lazimnya dia tidak dianggap sebagai seorang sosiolog, apalagi sebagai seorang teoretisi. Dia jauh lebih dikenal sebagai seorang intelektual publik dan karena perannya mendirikan dan memimpin berbagai organisasi yang memperjuangkan hak-hak sipil, termasuk National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) (Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Rakyat Kulit Berwarna).

Akan tetapi, di dalam banyak tulisannya ada sosiologi yang sangat kuat, dan ada sejumlah ide abstrak yang dapat dilihat sebagai teori, meskipun Du Bois (seperti Marx) segan membedakan antara teori dan praktik. Yakni, dia tidak tertarik pada teori di dalam diri sendiri, tetapi lebih tertarik untuk mengembangkan ide-ide abstrak untuk membantu memajukan alasan bagi hak-hak sipil, terutama bagi orang Amerika keturunan Afrika.

Di dalam sosiologi, reputasi Du Bois banyak didasarkan pada studi empirisnya The Philadelphia Negro (1899/1996). Studi pada distrik kota ketujuh di Philadelphia tersebut dilakukan sendirian oleh Du Bois, dan meskipun dia memakai banyak metode, studi itu dikenal paling baik sebagai etnografi perintis. Selama kariernya yang panjang, Du Bois menulis segudang buku, artikel, editorial, tetapi segelintir yang secara langsung jelas sebagai teori. Akan tetapi, di dalam karyanya ada teori, khususnya di dalam beberapa usaha autobiografisnya (yang paling dikenal The Souls of Black Folk [Du Bois, 1903/1996]) yang memungkinkan dia mengembangkan ide-ide teoretis yang menarik di dalam konteks perenungan atas kehidupannya sendiri.


Semuanya tercakup secara mendalam di dalam minatnya pada ide ras, yang dia anggap merupakan pemikiran sentral seluruh sejarah (Du Bois, 1897/1995:21), dan garis warna, yang dia lihat ditarik melintas bukan hanya Amerika Serikat melainkan banyak bagian dunia. Salah satu dari ide-ide teoretisnya yang paling dikenal ialah veil (kudung), yang menciptakan pemisahan atau rintangan yang jelas antara orang-orang Amerika keturunan Afrika dan orang kulit putih.

Gambarannya mengenai kudung bukan tembok, tetapi lebih tepat berupa bahan tipis berpori-pori, melaluinya masing-masing ras dapat melihat satu sama lain, tetapi kudung itu juga berfungsi untuk memisahkan ras-ras itu. ide-ide teoretis kuncinya yang lain ialah double-consiousness (kesadaran ganda), suatu perasaan akan kedua-an (two-ness), atau suatu perasaan di kalangan orang Amerika keturunan Afrika melihat dan mengukur dirinya melalui mata orang lain. Tidak ada teori masyarakat yang lengkap di dalam karya Du Bois, tetapi ada serangkaian ide teoretis tentang ras dan hubungan-hubungan ras di Amerika Serikat dan dunia. Seiring dengan munculnya teori-teori multikultural (dan feminis) pada tahun-tahun belakangan, fokus Du Bois pada ras dan pandangannya atas dunia dari perspektif orang Amerika keturunan Afrika, telah menarik banyak pengagum, dan yang lebih penting lagi, para pemikir yang membangun berlandaskan ide-ide, perspektif-perspektif, dan komitmen-komitmen perintisnya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Lihat Juga
Teori Ras W E B Du Bois (Youtube Channel. https://youtu.be/YCYwnE-W69M ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. W. E. B Du Bois. Biografi
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "W. E. B Du Bois dan Teori Ras"