Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Talcott Parsons. The Structure of Social Action

The Structure of Social Action Talcott Parsons
Talcott Parsons
Titik perhatian buku The Structure of Social Action adalah konsep tindakan sosial yang rasional, suatu konsep yang semula merupakan sumbangan teoritis Max Weber. Definisi sosiologi klasik Weber membuat tindakan sosial menjadi inti pembahasan para sosiolog: sosiologi adalah ilmu yang mencoba memahami tindakan sosial secara interpretatif sehingga sampai pada suatu penjelasan kausal terhadap tujuan ataupun makna peristiwa-peristiwanya. Bagi Weber, studi tindakan sosial berarti mencari pengertian subjektif atau motivasi yang terkait pada tindakan-tindakan sosial. The Protestan Ethic and the Spirit of Capitalism (1958) adalah contoh studi tindakan sosial yang demikian itu. Di sini Weber membahas hubungan antara suatu gerakan ke arah rasional, agama duniawiah (Protestant Calvinism) dengan usaha mengejar keuntungan secara rasional (kapitalisme).

Kecenderungan lain dalam gerakan ke arah tindakan rasional ini ditunjukkan pula oleh kelahiran organisasi birokratis (yang dipertahankan dengan struktur yang lebih bersifat personal tetapi sekaligus merupakan struktur yang kurang berorientasi pada tujuan) dan Pemimpin-pemimpin legal rasional (yaitu pemimpin yang lebih dipilih berdasarkan kualifikasi, ketimbang pemimpin tradisional atau kharismatis). Dalam masyarakat yang kontemporer suatu tindakan lebih cenderung rasional, yaitu: mencapai tujuan atau sasaran (organisasi atau kepemimpinan) dengan sarana-sarana yang paling tepat (kepemimpinan yang berbobot, organisasi impersonal).

Teori bertindak atau aksi Parsons dipengaruhi oleh Durkheim, Marshall dan Pareto maupun Weber menekankan faktor-faktor situasional yang membantu tindakan individu. Tetapi perlu diingat bahwa masalah utama bagi Parson sebagai ahli teori makro bukanlah tindakan individual, tetapi norma-norma dan nilai-nilai sosial yang menuntun dan mengatur tingkah laku. Kondisi-kondisi objektif (ciri-ciri struktural) disatukan dengan komitmen kolektif terhadap suatu nilai untuk perkembangan suatu bentuk tindakan sosial tertentu. Protestanisme misalnya tidak akan membantu kelahiran kapitalisme bila penganutnya tidak tunduk kepada prinsip keagamaan atau jika semua orang protestan itu dibasmi. Menurut Parsons struktur maupun tindakan sosial harus merupakan tantangan bagi para ilmuwan sosial.

Berkembangnya permasalahan struktur ini mengakibatkan The Structure of Social Action dapat dilihat sebagai langkah ke arah pengembangan teori struktural fungsional Parsons (mungkin hanya ada dalam intospeksi). Dalam teori kaum Parsonian, konsep tindakan rasional Weber dilanjutkan sebagai ide inti, tetapi di tahap kedua kita melihat tekanan lebih banyak diberikan pada deskripsi struktur. Tahap kedua didominir oleh perspektif organisme dan fungsional dari Durkheim (masyarakat sebagai analogi dari suatu organisma hidup yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lain) dan konsep sistem Pareto (melihat masyarakat sebagai suatu keseluruhan dan berada dalam keseimbangan). Pareto dan Durkheim juga lah yang menyediakan konsep-konsep sosiologis yang dipakai Parsons untuk membangun teori masyarakat makro-fungsional tersebut. 


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Poloma, Margaret M. 1979. Sosiologi Kontemporer. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.


Lihat Juga
The Structure Of Social Action Talcott Parsons (Youtube Channel. https://youtu.be/vQTZ2Mj2oQY ) Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Talcott Parsons. Biografi
2. Talcott Parsons. Sekilas Pemikiran
3. Talcott Parsons. Skema AGIL
4. Talcott Parsons. Teori Sistem yang Umum 
5. Fungsionalisme Struktural
6. Talcott Parsons. Makro Fungsionalisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Talcott Parsons. The Structure of Social Action"