Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strukturalisme Prancis. Beberapa Masalah

Beberapa Masalah Strukturalisme Prancis
Strukturalisme Prancis
Pada permulaan bab ini sudah dikatakan bahwa strukturalisme adalah aliran yang beraneka warna coraknya. Tidak terdapat suatu ajaran homogen yang dianut oleh semua orang yang biasanya tergolong dalam aliran ini. Setelah kita memandang beberapa tokoh dari dekat, akan kita setujui bahwa mereka menaruh perhatian kepada pokok-pokok yang berlainan. Namun demikian, kita juga bertemu dengan beberapa garis pemikiran yang menuju ke arah yang sama.

Maka dari itu dalam bagian kali ini kita akan membicarakan beberapa masalah yang dengan salah satu cara memainkan peranan dalam karya semua pemikir yang termasuk strukturalisme. Kita akan melihat juga bahwa masalah-masalah ini eksplisit atau implisit merupakan suatu reaksi melawan pendapat-pendapat yang dijunjung tinggi dalam aliran yang mendahului strukturalisme ini, yaitu eksistensialisme dan fenomenologi. Jean-Paul Sartre beserta kawan-kawannya seakan-akan merupakan simbol dari generasi filsuf-filsuf Prancis yang mendahului strukturalisme. Karena itu tidak mengherankan, bila banyak serangan dari pihak strukturalisme secara khusus diarahkan kepada Sartre.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber:
Bertens. K. Filsafat Barat Kontemporer: Prancis. 2001. Gramedia. Jakarta.
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Strukturalisme Prancis. Beberapa Masalah"