Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sigmund Freud. Teori Agresi

Teori agresi dimotori oleh Sigmund Freud dalam karyanya Beyond the Pleasure Principle (1920). Ini dari teori tersebut adalah.
a. Perilaku agresif manusia pada dasarnya didorong oleh dua kekuatan dasar yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari sifat manusia, yakni insting/naluri kehidupan (eros) dan insting/naluri kematian (thanatos).

b. Eros mendorong orang mencari kesenangan dan kenikmatan untuk memenuhi keinginan. Sedangkan thanatos diarahkan pada tindakan-tindakan destruktif diri serta perasaan berdosa/bersalah.

c. Karena sifatnya antagonistik, kedua insting/naluri itu merupakan sumber konflik intrinsik yang berkelanjutan, yang hanya dapat diatasi dengan mengalihkan kekuatan dengan orang yang bersangkutan kepada orang lain. Dengan demikian, bertindak agresif terhadap orang lain dianggap merupakan mekanisme untuk melepaskan energi destruktif sebagai cara melindungi stabilitas intrafisik pelaku.

d. Satu alternatif yang mungkin dapat dilakukan melalui katarsis (pelepasan) yang dapat dilakukan melalui humor maupun menyalurkan agresi terhadap benda-benda tiruan, serta berolahraga yang menunjukkan permainan keras.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber
Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta.


Baca Juga
1. Sigmund Freud
2. Sigmund Freud. Teori Psikoanalisis
3. Sigmund Freud. Komponen Struktural
4. Sigmund Freud. Komponen Dinamis
5. Sigmund Freud. Komponen Sekuensial
6. Sigmund Freud. Biografi 
7. Mazhab Frankfurt. Herbert Marcuse (1898-1979); Menafsirkan Freud
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Sigmund Freud. Teori Agresi"