Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Robert Park. Sekilas Pemikiran

Tokoh lain yang penting di Chicago adalah Robert Park (Shils, 1996). Park datang ke Chicago sebagai instruktur paruh waktu pada 1914 dan dengan cepat membuka jalan memasuki peran sentral di dalam fakultas itu. Pentingnya Park dalam perkembangan sosiologi terletak pada beberapa wilayah. Pertama, dia menjadi tokoh dominan di jurusan sosiologi di Chicago, yang pada gilirannya mendominasi sosiologi hingga 1930-an. Kedua, Park studi di Eropa dan berperan penting dalam membuat para pemikir Eropa daratan diperhatikan oleh para sosiolog Chicago. Park mengikuti kursus-kursus yang dilaksanakan Simmel, dan ide-ide Simmel, khususnya fokusnya pada tindakan dan interaksi, sangat penting di dalam perkembangan orientasi teoretis aliran Chicago (Rock, 1979: 36-48). Ketiga, sebelum menjadi seorang sosiolog, Park tadinya adalah seorang wartawan, dan pengalaman itu memberinya suatu pengertian penting atas masalah-masalah perkotaan dan perlunya pergi ke lapangan untuk mengumpulkan data melalui pengamatan pribadi (Lindner, 1966; Strauss, 1996).

Dari sini muncullah perhatian substantif aliran Chicago pada ekologi urban (Gaziano, 1996; Maines, Bridger dan Ulmer, 1996; Perry, Abott, dan Hutter, 1997). Keempat, Park memainkan suatu peran kunci dalam membimbing para mahasiswa yang sudah lulus dan membantu mengembangkan program kumulatif riset tingkat sarjana (Bulmer, 1984:13). Akhirnya, pada 1921, Park dan Ernest W. Burgess menerbitkan buku kuliah sosiologi pertama yang benar-benar penting, Introduction to the Science of Sociology. Buku itu merupakan buku yang sangat berpengaruh selama bertahun-tahun dan khususnya patut diperhatikan karena komitmennya kepada ilmu, riset, dan studi sederetan luas fenomena sosial.

Bermula pada akhir 1920-an dan awal 1930-an, Park mulai menghabiskan waktu yang lebih sedikit di Chicago. Perhatiannya seumur hidup ialah pada hubungan-hubungan ras (dia telah menjadi sekretaris Booker T. Washington sebelum menjadi seorang sosiolog) yang membuatnya mengambil posisi di Universitas Fisk (universitas kulit hitam) pada 1934. Meskipun kemunduran jurusan sosiologi Chicago tidak disebabkan hanya karena atau terutama oleh kepergian Park, status fakultas itu merosot pada 1930-an. Akan tetapi, sebelum kita dapat membahas kemunduran sosiologi Chicago dan munculnya fakultas-fakultas dan teori-teori lain, kita perlu kembali ke hari-hari awal aliran itu dan dua tokoh yang mempunyai karya dengan signifikansi teoretis yang paling langgeng—Charles Horton Cooley dan, yang paling penting, George Herbert Mead.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
 

Sumber
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Lihat Juga
Sekilas Pemikiran Robert Park (Youtube Channel. https://youtu.be/P8PjYYBp0o4 ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Robert Park. Biografi
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Sosiologi
Aletheia Rabbani Orang cerdas selalu punya cara untuk menang __Nasrudin Hoja

Post a Comment for "Robert Park. Sekilas Pemikiran"