Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ras atau Etnik

Pengertian Ras atau Etnik
Ras atau Etnik
Suatu ras adalah sekelompok orang yang memiliki sejumlah ciri biologi (fisik) tertentu atau suatu populasi yang memiliki kesamaan dalam sebuah unsur biologis atau fisik khas yang disebabkan oleh faktor hereditas atau keturunan (Oliver, 1964:153). Pembelajaran tentang ras di sekolah begitu penting mengingat keberadaan ras seseorang bukan hasil dan harapan serta cita-cita ketika ia dilahirkan, melainkan suatu pemberian Yang Maha Kuasa; keberagaman ras manusia itu perlu dihargai sebagai makhluk sosial yang memiliki hak asasi yang sama; penghargaan atas ras yang berbeda, pada hakikatnya pun sebagai pembelajaran pengembangan nilai kebaikan untuk menghindari tumbuh dan berkembangnya etnosentrisme maupun stereotip (prasangka buruk) terhadap kelompok lain yang berbeda.

Sedangkan etnik menurut Marger (1985:7)... are gorups within a larger society that display a unique set of cultures traits. Jadi, dalam kajian etnik lebih menekankan sebagai kelompok sosial bagian dari ras yang memiliki ciri-ciri budaya yang sifatnya unik. Bangsa Indonesia memiliki sejumlah etnik yang jumlahnya hampir 500 etnik, tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai implikasi atas keberagaman ras dan etnik tersebut maka pendidikan multikultural menjadi keniscayaan (Supardan, 2004:73) karena fakta pluralitas etnik dan budaya, seperti di Indonesia ini, tidak saja dibenarkan secara historis, sosiologis, maupun antropologis, tetapi juga teologis bahwa perbedaan itu adalah rahmatan lil alamiin. Ini sesuai dengan pendapat Blum (2001:16) yang mengemukakan: ..., pemahaman, penghargaan, dan penilaian atas budaya seseorang adalah sebuah penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain. Ia meliputi sebuah penilaian terhadap kebudayaan-kebudayaan orang lain, bukan dalam arti menyetujui seluruh aspek dari kebudayaan-kebudayaan tersebut, melainkan mencoba melihat bagaimana kebudayaan tertentu dapat mengekspresikan nilai bagi anggota-anggotanya sendiri.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Ras atau Etnik"