Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protagoras. Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Protagoras
Protagoras
Protagoras lahir kira-kira pada tahun 485 di kota Abdera di daerah Thrake. Demokritos adalah sewarga kotanya yang lebih muda. Seringkali ia datang ke Athena dan di sana ia terhitung pada kalangan sekitar Perikles. Atas permintaan Perikles ia mengambil bagian dalam mendirikan kota perantauan Thurioi di Italia Selatan pada tahun 444. Pendirian kota itu dimaksudkan Perikles sebagai usaha pan-Hellen, berarti seluruh Hellas diharapkan mengambil bagian dalamnya. Ada tokoh-tokoh terkemuka yang ikut dalam usaha itu, seperti misalnya Herodotos, Hippodamos, dan Lysias.

Protagoras diminta untuk mengarang undang-undang dasar bagi polis baru itu. Menurut Diogenes Laertios, pada akhir hidupnya Protagoras dituduh di Athena karena kedurhakaann (asebeia) dan bukunya tentang agama dibakar di hadapan umum. Diceritakan pula bahwa Protagoras melarikan diri ke Sisilia, tetapi pada perjalanan ini ia tewas, akibat perahu layar tenggelam. Tetapi karena kesaksian Diogenes Laertios ini tidak dapat dicocokan dengan data-data lain, kebanyakan sejarawan modern menyangsikan kebenarannya.

Protagoras mengarang sejumlah buku. Hanya beberapa fragmen pendek masih disimpan. Tetapi isi ajarannya dapat ditetapkan, karena gagasan-gagasan Protagoras ramai dipersoalkan di kemudian hari. Plato merupakan sumber yang utama, khususnya kedua dialognya yang berjudul Theaitetos dan Protagoras.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Protagoras. Ajaran tentang Pengenalan
2. Protagoras. Ajaran tentang Negara
3. Protagoras. Seni Berdebat
4. Protagoras. Ajaran tentang Dewa-Dewa
    
Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Protagoras. Riwayat Hidup"