Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peter M. Blau

Biografi Peter M. Blau
Peter M. Blau
Sketsa Biografis
Peter Blau lahir di Wina, Austria, pada 7 Februari 1918. Dia beremigrasi ke Amerika Serikat pada 1939 dan menjadi Warga Amerika Serikat pada 1943. Pada 1942 dia mendapat gelar sarjana muda dari Elmhurst College yang tidak banyak dikenal di Elmhurst, Illionis. Kuliahnya diselang oleh Perang Dunia II, dan dia bertugas di pasukan Amerika Serikat dan diberi penghargaan Bintang Tembaga. Setelah perang, dia kembali kuliah dan menyelesaikan pendidikannya dan menerima Ph. D dari Universitas Columbia pada 1952 (Bienenstock, 2005).

Blau pertama menerima pengakuan yang luas dibidang sosiologi karena konstribusinya bagi studi organisasi-organisasi formal. Studi-studi empirisnya atas organisasi dan buku-buku pelajaran yang ditulisnya mengenai organisasi-organisasi formal masih dikutip secara luas di dalam subbidang itu, dan dia terus bekerja sebagai kontributor reguler hingga wafatnya pada 2002. Dia juga memberi catatan untuk sebuah buku yang dia karang bersama Otis Dudley Duncan, The American Occupational Structure (1967), yang memenangkan penghargaan Sorokin yang bergengsi dari Asosiasi Sosiologis Amerika pada 1968. Karya itu merupakan sumbangan yang sangat penting kepada studi sosiologis stratifikasi sosial.

Meskipun dia dikenal karena sederetan karya, perhatian kita di sini ialah sumbanga Blau kepada teori sosiologis. Hal yang khas tentang sumbangan itu ialah bahwa Blau memberikan sumbangan-sumbangan penting kepada dua orientasi teoritis yang berbeda. Bukunya 1964 Exchange and Power in Social Life adalah komponen utama teori pertukaran kontemporer. Kontribusi utama Blau ialah mengambil teori pertukaran berskala kecil yang utama dan berusaha menerapkanya kepada isu-isu berskala besar. Meskipun hal itu mempunyai beberapa kelemahan yang mencolok, itu merupakan usaha yang penting untuk memadukan secara teoritis isu-isu sosiologis berskala besar dan berskala kecil. Blau juga berada di garis terdepan teori struktural. Selama masa jabatannya sebagai Presiden Asosiasi Sosiologis Amerika (1973-1974) dia membuat hal tersebut sebagai tema pertemuan tahunan asosiasi itu. Dia menerbitkan sejumlah buku dan artikel yang dirancang untuk menjelaskan dan memperluas teori struktural. Di antara karya-karyanya yang belakangan di wilayah itu ada Structural Contexts of Opportunities (1994) dan edisi kedua Crosscutting Social Circles (Blau dan Schwartz, 1997).

Peter Blau Wafat pada 12 Maret 2002.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
 

Teori
1. Peter M. Blau. Strukturalisme Pertukaran
2. Peter M. Blau. Pertukaran dan Kekuasaan dalam Kehidupan Sosial
3. Peter M. Blau. Kekuatan-Kekuatan Dialektis Perubahan Sosial
4. Peter M. Blau. Keabsahan Kekuasaan dalam Kelompok
5. Peter M. Blau. Diferensiasi Kekuasaan

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Peter M. Blau"