Peter L. Berger. Konstruksi Realitas Secara Sosial dan Legitimasinya

Peter L. Berger tentang Konstruksi Realitas Secara Sosial dan Legitimasinya
Peter L. Berger
Mengikuti mode Weberian, Berger dan Luckman menunjukkan bahwa dunia institusional yang objektif ini membutuhkan legitimasi atau cara penjelasan atau pembenaran asal usul pengertian pranata sosial dan proses pembentukannya. Akan tetapi orang mengaitkan makna-makna pada lembaga-lembaga atau praktek-praktek institusional, dan penerimaan bersama ini menjadi bagian dari proses legitimasi. Misalnya para ahli sejarah sudah mengetahui pengertian yang jelas tentang demokrasi institusional yang diciptakan oleh para pembuatnya, tetapi betapa sedikit warga Negara Amerika yang sadar bahwa setiap orang memiliki wakil dan hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Konstitusi Amerika baru memperoleh legitimasi atau keabsahan setelah diidealisir selama hampir dua abad di tengah-tengah kalbu rakyat. Dengan demikian faktor legitimasi tersebut dapat dikatakan berasal dari interaksi antar individu, dengan begitu deskripsi-deskripsi atas legitimasi ini menjadi objektif. Karena itu legitimasi merupakan tanda terima bagi dunia sosial objektif.

Berger terutama merasa risau terhadap masalah legitimasi dunia modern. Sekularisasi merupakan dilema yang patut diperhatikan karena dalam dirinya terdapat sejumlah besar ancaman terhadap kepercayaan dan pengalaman keagamaan yang masuk akal.Berger menegaskan bahwa agama merupakan benteng paling tangguh untuk melawan eksistensi tanpa-arti (meaninglessnes). Dengan kata lain, agama sudah menjadi sumber pembenaran dunia sosial yang paling efektif. Sekularisasi berarti penyusutan kepercayaan terhadap usaha-usaha yang mengesahkan eksistensi. Dalam analisa perubahan lembaga keagamaan inilah Berger, lewat analisa sosiohistoris, menerapkan teori konstruksi realitasnya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.
Poloma Margaret. M. 2007. Sosiologi Kontemporer. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada


Baca Juga
1. Peter L. Berger. Biografi
2. Peter L. Berger. Refleksi Atas Interaksi Kesadaran dan Struktur dalam Modernisasi
3. Peter L. Berger. Momen Eksternalisasi, Munculnya Kesadaran Modern dan Aspek-Aspeknya
4. Peter L. Berger. Momen Objektivasi, Pranata-Pranata Modern
5. Peter L. Berger. The Sacred Canopy
6. Peter L. Berger. Pembentukan Realitas Secara Sosial
7. Peter L. Berger. Konstruksi Realitas Secara Sosial
8. Peter L. Berger. Masyarakat Sebagai Realitas Subjektif
9. Peter L. Berger. Masyarakat Sebagai Realitas Objektif
10. Peter L. Berger. Modernisasi Sebagai Pembangunan Alam Artifisial
11. Peter L. Berger. Momen Internalisasi yang Susah Payah 
12. Peter L. Berger. Perkawinan
13. Pokok Bahasan Sosiologi
14. Mirror On The Wall. Gambaran Realitas Sosial yang Terdistorsi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Peter L. Berger. Konstruksi Realitas Secara Sosial dan Legitimasinya"