Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sosialisasi Menurut Ahli

Secara umum, sosialisasi dapat didefinisikan sebagai proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma, agar ia mampu berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat. Mengenai definisi ‘sosialisasi’, dapat pula dikutip pendapat beberapa ahli:
1. Bruce J. Cohen, sosialisasi ialah proses di mana manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

2. David A. Goslin, sosialisasi adalah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma, agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

3. Peter Berger, sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi di dalam masyarakat.

4. Robert M.Z. Lawang, sosialisasi dapat dimaknai sebagai proses mempelajari nilai, norma, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi efektif dalam kehidupan sosial.

5. Soerjono Soekanto, sosialisasi merupakan proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

6. Charlotte Buhler, sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

7. Anthony Giddens, sosialisasi adalah proses di mana seorang anak, atau anggota baru dalam suatu kelompok, belajar tentang cara hidup suatu masyarakat atau kelompok.

8. Koentjaraningrat, mendefinisikan sosialisasi sebagai proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial, di mana seorang individu dari masa anak-anak hingga masa tuanya belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu di sekelilingnya.

9. Carol R. Ember, melihat bahwa sosialisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perkembangan pola kelakuan, tingkah laku, dan nilai, dalam diri seseorang sesuai dengan harapan masyarakatnya.

10. Broom & Selznic, sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.

11. Stewart, sosialisasi adalah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

12. Horton & Hunt, sosialisasi adalah proses di mana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

13. Karel J.Veeger, sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.

14. Irvin L. Child, sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sosialisasi artinya suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

16. Ritcher JR, sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

17. Prof. Dr. Nasution, S.H., sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).

18. WrightWright, sosialisasi sebagai proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

19. Sukandar Wiraatmaja, sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.

20. Edward Shils, sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.

21. Jack Levin dan James L. Spates, sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

22. Nursal Luth, sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.

23. John C. Macionis, sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.

Sosialisasi berlangsung terus menerus tanpa henti pada tiap-tiap kelompok pergaulan hidup. Ada dorongan-dorongan tertentu yang membuat individu harus senantiasa menyesuaikan diri, mematuhi norma-norma, dan aturan-aturan dalam kelompoknya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Baca Juga
1. Manusia dan Nilai Sosial
2. Sugesti
3. Tipe-Tipe Kepribadian
4. Konsep Diri
5. Persepsi
6. Sikap
7. Kepribadian dan Kebudayaan
8. Konsep Sosiologi. Peran Sosial 
9. Imitasi
10. Mimpi
11. Insting/naluri
12. Pikiran
13. Personalitas
14. Fantasi
15. Kesadaran
16. Frustrasi
17. Motivasi 


Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi     
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Sosialisasi Menurut Ahli"