Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Ahli

Suatu perilaku dianggap menyimpang apabila tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Atau dengan kata lain penyimpangan (deviation) adalah segala macam pola perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri (conformity) terhadap kehendak masyarakat.

Mengenai perilaku menyimpang, para ahli juga mengemukakan sejumlah definisi, di antaranya:
1. James W. van der Zanden, perilaku menyimpang merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi.

2. Robert M.Z. Lawang, perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial.

3. Soerjono Soekanto, perilaku menyimpang dapat dimaknai sebagai kecenderungan untuk menyimpang dari suatu norma atau tidak patuh terhadap suatu norma tertentu.

4. Tuti Budirahayu, perilaku menyimpang adalah perilaku dari para warga masyarakat yang dianggap tidak sesuai dengan kebiasaan, tata aturan, ataupun norma sosial yang berlaku.

5. Bruce J. Cohen, perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

6. Paul B. Horton, penyimpangan adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

7. William Kornblum, penyimpangan tidak hanya dapat dikategorikan pada individu atau masyarakat dengan kategori penyimpangan (deviance) dan penyimpang (deviant), tetapi akan dijumpai pula yang disebut institusi menyimpang atau deviant institution.

8. Lewis Coser, mengemukakan bahwa perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.

9. Becker, perilaku menyimpang bukanlah kualitas yang dilakukan orang, melainkan konsekuensi dari adanya suatu peraturan dan penerapan sanksi yang dilakukan oleh orang lain terhadap pelaku tindakan tersebut.

10. Jhon J. Macionis, perilaku menyimpang adalah pelanggaran terhadap norma masyarakat.

11. Craig Calhoun, Donald Light, dan Suzanne Keller, perilaku menyimpang adalah setiap tindakan yang dianggap menyimpang dari nilai moral atau norma budaya yang diakui oleh sebuah kelompok atau masyarakat.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut, pengertian perilaku menyimpang dapat disederhanakan menjadi ‘setiap perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada di dalam masyarakat’. Perilaku seperti ini terjadi karena seseorang mengabaikan norma atau tidak mematuhi patokan baku dalam masyarakat sehingga sering dikaitkan dengan istilah-istilah yang buruk atau negatif.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Baca Juga
1. Conformity dan Deviation
2. Konsep Sosiologi. Sanksi Sosial
3. Penyimpangan Seksual
4. Perilaku Menyimpang. Korupsi
5. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang 

Materi Sosiologi yang berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Ahli"