Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Norma Sosial Menurut Ahli

Norma adalah petunjuk atau patokan perilaku yang dibenarkan dan pantas dilakukan saat menjalani interaksi sosial dalam kelompok masyarakat tertentu. Perbedaan mendasar antara nilai dan norma adalah dalam norma sosial ada sanksi sosial (penghargaan maupun hukuman) bagi orang yang mematuhi atau melanggar norma tersebut. Norma disebut juga peraturan sosial. Norma bersifat memaksa sehingga seluruh anggota kelompok harus bertindak sesuai dengan norma-norma yang telah dibentuk sejak lama. Dengan kata lain, norma tidak boleh dilanggar. Siapa pun yang melanggar norma atau tidak bertingkah laku sesuai dengan ketentuan dalam norma akan mendapatkan sanksi. Oleh sebab itu, suka atau tidak, kita harus selalu menjalankan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Sebagai bahan perbandingan guna memperluas cakrawala pengetahuan kita mengenai norma sosial berikut akan dipaparkan beberapa pengertian norma sosial.
1. Soerjono Soekanto, norma ialah sebuah perangkat di mana hal itu dibuat agar hubungan di dalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan. Segala norma yang dibuat akan mengalami proses dalam suatu masyarakat sehingga norma-norma tersebut diakui, dihargai, dikenal dan ditaati oleh warga masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari.

2. Isworo Hadi Wiyono, menyatakan bahwa norma ialah suatu bentuk peraturan ataupun petunjuk hidup yang memberikan acuan terhadap apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang harus dihindari, dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.

3. Bagja Waluyo, norma merupakan wujud atau bentuk nyata dari nilai yang merupakan acuan atau pedoman berisikan tentang keharusan berperilaku bagi setiap manusia.

4. Robert M. Z. Lawang, norma merupakan suatu patokan dalam berperilaku yang memungkinkan seseorang menentukan apakah tindakannya itu akan dinilai oleh orang lain yang juga merupakan ciri bagi orang lain untuk menolak atau mendukung dari perilakunya.

5. Utrecht, norma merupakan segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

6. Antony Giddens, norma ialah sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

7. John J. Macionis, norma merupakan segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala perilaku anggota masyarakat.

8. Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, norma ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

9. Craig Calhoun, norma merupakan pedoman dan aturan yang menyatakan mengenai bagaimana cara seorang individu layaknya bertindak dalam situasi tertentu.

10. Broom & Selznic, norma yaitu suatu rancangan yang ideal dari perilaku manusia yang memberikan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan hidup yang sejahtera.

11. Hans Kelsen, norma yaitu sebuah perintah yang tidak personal dan anonim bagi setiap manusia.

12. Ridwan Halim, norma ialah segala peraturan baik tertulis maupun tidak  yang pada intinya merupakan suatu peraturan yang berlaku sebagai acuan atau pedoman yang harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat.

13. Marvin E. Shaw, norma merupakan peraturan segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingkah laku yang seharusnya.

14. Nurdiaman, norma merupakan suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.

15. Bellebaum, norma yaitu sebuah alat untuk mengatur setiap individu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Konsep Sosiologi. Sanksi Sosial

Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial   
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Norma Sosial Menurut Ahli"